ADVERTISEMENT

Rakyat Biasa Bisa Nikah Seperti Kaesang di Pendopo Ambarrukmo, Ini Harga Sewanya

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 07 Des 2022 08:00 WIB
Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo Suasana persiapan lokasi akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo. (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Yogyakarta -

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono memilih Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo yang kental dengan nuansa Jawa dan sarat nilai sejarah sebagai lokasi akad pernikahan. Penasaran berapa biaya untuk menggelar akad nikah di sini?

Berlokasi di dalam kompleks Royal Ambarrukmo Hotel, Yogyakarta, Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo akan menjadi saksi bisu hari bahagia Kaesang dan Erina saat keduanya meresmikan perjalanan cinta sebagai suami-istri dalam prosesi akad pada Sabtu (10/12/2022) mendatang.

Pernikahan Kaesan dan Erina akan digelar di kawasan Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta pada Hari sabtu (6/12/2022) mendatang. Yuk intip persiapannya.Suasana persiapan akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Selasa (6/12/2022). (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Dibangun pada 1856, semasa kekuasaan Hamengkubuwono II, pendopo ini merupakan salah satu situs bersejarah di Yogyakarta yang masih bertahan sampai saat ini.

Pembangunannya bermula dari sebuah taman kekeratonan lalu dikembangkan oleh Hamengkubuwono V dan VII hingga menjadi sebuah pendopo besar.

"Masih asli, terjaga, dan terawat. Kalau mau bikin perkawinan dengan Javanese style, ya di sinilah tempatnya," kata General Manager Royal Ambarrukmo Herman Courbois kepada Wolipop di tengah persiapan akad nikah Kaesang dan Erina, Selasa (6/12/2022).

Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, tempat akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.Bale Kambang, salah satu area di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, yang dulunya dipakai sebagai tempat untuk bersemedi para Hamengkubuwono. (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)

Herman menjelaskan, Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo terdiri dari Pendopo Agung, Ndalem Ageng, Bale Kambang, Gandhok, Pacaosan, dan Alun-alun. Di Ndalam Ageng yang juga berfungsi sebagai museum dan terbuka untuk umum, terdapat sebuah kamar yang pernah ditempati Hamengkubuwono VII hingga akhir hayat.

Prosesi akad putra bungsu Presiden Joko Widodo sendiri tidak akan menggunakan seluruh area. Acaranya terpusat di pendopo yang berkonsep terbuka di mana sekitar 300 tamu akan hadir. "Undangan yang disebar sekitar 150. Jadi estimasi yang datang dua kali lipatnya," tambah Herman.

Menurutnya, belum pernah ada pernikahan pesohor selevel anak RI 1 yang digelar di pendopo bersejarah tersebut. Kendati demikian, tak ada tantangan signifikan dalam mempersiapkan lokasi sesuai dengan protokol kepresidenan. "Paling hanya harus lebih intens berkoordinasi, karena melibatkan banyak instansi," ujar Herman.

Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, tempat akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.General Manager Royal Ambarrukmo Herman Courbois. (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)

Royal Ambarrukmo sebagai pengelola Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo dengan pengawasan pihak Keraton Yogyakarta, membukanya buat publik. Gelaran budaya hingga resepsi pernikahan bisa digelar di bangunan yang termasuk cagar budaya ini

Lantas berapa harga sewa untuk menggelar akad seperti pernikahan Kaesang dan Erina Gudono?

Herman mengatakan, hotel mematok harga berdasarkan katering yang dipilih. "Kalau untuk acara akad nikah nanti, kami masih berkoordinasi dengan pihak Istana dan food safety. Tapi kami memiliki paket dengan harga normal Rp 385.000 per pax," katanya.

Menurut Herman, bisnis hotelnya mungkin akan terdampak positif dengan gelaran akad di sana. Namun, ia lebih berharap Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo sebagai situs bersejarah dapat semakin dikenal dan dihargai oleh masyarakat luas.



Simak Video "Teka-teki Hilangnya Kaesang Pangarep dari Twitter Kini Terjawab"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)