ADVERTISEMENT

Viral Verificator

Viral Kisah Bule Inggris Dinikahi Pria Bekasi, Kini Jadi Penjual Soto

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 15 Sep 2022 06:00 WIB
Foto Annie dan Rihan Valuzi, kisah cinta beda negara viral di media sosial. Foto pasangan Annie dan Rihan Valuzi. Foto: Dok. Instagram @rihanvaluzi.
Bekasi -

Kisah cinta beda negara menjadi daya tarik tersendiri karena menyimpan berbagai cerita tentang perbedaan latar belakang budaya. Seperti kisah Rihan Valuzi dan Annie. Rihan merupakan penjual soto yang menikah dengan Annie, bule asal Norfolk, Inggris.

Sebelum berjualan soto di Bekasi, Rihan pernah mencoba bisnis vape. Namun karena sudah berhenti vape dan rokok, dia beralih profesi menjadi penjual soto.

Kisah Rihan menikahi Annie yang asal Inggris viral setelah diunggah ke YouTube. Dalam video di channel YouTube milik Rihan, Rihan Valuzi terlihat, pria tersebut membuka kedai soto yang diberi nama Soto Hj. Etty. Menu yang ditawarkan beragam ada soto merah, yang isinya daging, babat, kikil dan paru. Ada juga rawon dan sop iga sapi.

"Nah, ini usaha terbaru kita soto merah Hj. Etty. Setelah sekian lama rapi gerobak dan ready tinggal jualan. Kita jualan di ruko Grand Galaxy. Ini itu resep soto buatan mama," ucap Rihan dalam videonya.

Rihan mengatakan desain logo warung sotonya dibuat oleh sang istri, Annie. Istrinya juga ikut membantunya berjualan soto. "Semoga usaha soto kita berkah aaminn," ujar pria yang mengaku besar di Bekasi, Jawa Barat itu.

[Gambas:Youtube]

Rihan dan Annie menikah pada 30 Oktober 2016. Menjadi pasangan Indonesia-Inggris, Rihan mendapatkan pertanyaan tentang hubungan pernikahan beda negara dan awal mula bertemu dan meminang Annie.

"Pertama kali bertemu itu di Bandara Soekarno Hatta. Jujur tidak minta restu karena di sini (Inggris) tidak umum untuk meminta restu dan bertanya kepada Annie apakah dia ingin menikah dengan saya. Sampai saat ini tinggal di rumah mamanya istri di Inggris," kata Rihan Valuzi.

Menurut Rihan, proses perkenalan hingga akhirnya menikah dengan Annie hanya sekitar satu bulan. Karena keduanya sempat menjalani hubungan jarak jauh.

Kemudian Annie melanjutkan cerita awal mula pertemuan pertamanya dengan Rihan. "Sepupunya suamiku tinggal di Inggris dan dia teman aku dari sekolah. Lima tahun yang lalu dia liburan ke Indonesia dan aku tertarik negara di Asia. Setelah satu bulan menginap di rumah keluarga suamiku dan suami adik ipar membawa saya kemana-mana dan mulai kenal dengan suamiku," tuturnya panjang lebar.

Foto Annie dan Rihan Valuzi, kisah cinta beda negara viral di media sosial.Foto Annie dan Rihan Valuzi, kisah cinta beda negara viral di media sosial. Foto: Dok. Instagram @rihanvaluzi.

Salah satu warganet ada yang penasaran dengan awal mula kesulitan hubungan beda negara yang dialami Rihan dan Annie. Menjawab penasaran netizen, Rihan mengatakan bahwa kesulitan pertamanya adalah terkait bahasa.

"Kesulitannya adalah bahasa, karena bagaimana kita mau dekat dengan seseorang kalau tidak tahu bahasanya. Dulu aku ngomong dengan Annie pakai Google Translate. Karena aku setiap hari belajar ngomong sama Annie," kata Rihan sambil tertawa.

Begitu juga sebaliknya, Annie perlahan belajar mengucapkan bahasa Indonesia. "Kalau aku kesulitannya adalah dimana pun kita tinggal pasti ada keluarga yang jauh. Kalau aku tinggal di Indonesia, aku jauh dari Inggris. Kalau Rihan tinggal di Inggris, dia yang jadi jauh dari keluarga," jelasnya.

Selain belajar bahasa Indonesia, Annie juga mempelajari agama Islam. Rihan mengaku kerap memberikan link dakwah pada Annie. Hingga akhirnya wanita Inggris itu memutuskan menjadi mualaf sebelum menikah dengan Rihan dan kini memakai hijab.

Anak kedua dari tiga orang bersaudara ini juga menjawab pertanyaan warganet yang bertanya tentang kehadiran buah hati. "Kita berdua belum mempunyai anak, doakan saja ya agar segera mendapatkan anak aaminn. Rencananya mau punya yang sebanyak-banyaknya," ucap Rihan seraya tertawa.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Rihan melalui email terkait kisah cintanya dengan Annie, wanita Inggris yang kini berjualan soto. Ia memberikan reaksinya ketika kisah percintaan beda negaranya viral di media sosial.

"Kaget dan merasa aneh kenapa viralnya sekarang setelah hampir enam tahun menikah," ungkap Rihan kepada Wolipop (13/9/2022).

Rihan akan menceritakan lengkap kisah cintanya dengan sang istri yang berasal dari Inggris. Simak artikel selanjutnya di Wolipop.

(gaf/eny)