Viral Pernikahan Unik Wong Brebes, Seserahannya Dibawa Warga Sekampung

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 22 Nov 2021 06:00 WIB
Foto pernikahan Dandi dan Riana. Acara seserahan viral di Brebes. Foto: Dok. Tangkapan layar akun TikTok @vindol.
Brebes -

Pemberian seserahan merupakan bagian dari acara pernikahan di Indonesia. Seserahan biasanya dibawa pihak calon pengantin pria untuk pengantin wanita. Isi seserhannya berupa berbagai barang yang bisa dipakai oleh calon pengantin wanita sesudah acara pernikahan. Dan biasanya seserahan ini dibawa 5-10 orang keluarga mempelai pria atau tergantung dari jumlah seserahannya.

Namun pernikahan di Brebes, Jawa Tengah ini beda dari lainnya. Pasalnya tradisi seserahan yang digelar bak acara pindahan rumah dan melibatkan warga sekampung.

"Seserahan wong brebes😅 #pernikahan #seserahan #seserahanpernikahan," demikian tulis akun TikTok @vindolllll yang unggahannya viral.

Dalam video tersebut, terlihat rombongan ibu-ibu dan bapak-bapak membawa seserahan secara gotong royong. Ada yang mengangkut isi seserahan dengan menggunakan bambu, televisi, kursi, kulkas, hingga sapi beserta rumputnya. Iring-iringan rombongan yang membawa seserahan pernikahan itu pun disaksikan oleh tetangga sekitar.

@vindolllll seserahan wong brebes😅 #pernikahan #seserahan #seserahanpernikahan ♬ I Love Mama Mantu - Bulan Sutena

Hingga kini video tersebut sudah ditonton lebih dari 8,7 juta Views, mendapat 626 ribu Likes dan 29 ribu komentar. Warganet pun ikut takjub melihat isi seserahan.

"Itu nikahan apa mau pindah rumah?" tanya akun @duwi.

"Jujur dah nanti yang perempuannya jadi sultan😭😭," ucap akun @javelin.

"Yang naek motor GG bawa rumput😭😭," ujar akun @hi.champ!!.

"Sapi lengkap dengan rumputnya😳," takjub akun @niek.anggraeni.

"Plisss ngakak pas yang terakhir bawa sapi😭🙏🏻," kaget akun @Si lucuk🐧.

"Apa lagi seserahan daerah Gubug Grobogan😁bisa sama motor mobil juga😂," saut akun @Rini94.

Kisah viral acara seserahan rasa pindahan rumahKisah viral acara seserahan rasa pindahan rumah Foto: Dok. Tangkapan layar akun TikTok @vindol.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Vivin Amaliyah yang mengunggah video tersebut di akun TikToknya. Vivin mengatakan jika acara pernikahan di mana melibatkan warga sekampung untuk membawa seserahan tersebut terjadi di Citimbang, Salem, Brebes, Jawa Tengah pada 15 November 2021.

"Video itu saya yang rekam waktu ada seserahan di desa sendiri, Citimbang. Itu acara seserahan dari keluarga mempelai pria ke mempelai wanita sebelum akad nikah. Jadi ini sekalian mengantarkan mempelai pria pindah ke rumah mempelai wanita," ungkap Vivin kepada Wolipop.

Wanita 23 tahun itu mengungkapkan jika tradisi penyerahan seserahan tersebut, sudah biasa terjadi di tempat tinggalnya. "Kalau acara kemarin sudah biasa aja. Soalnya di desa saya sudah biasa orang seserahan bawa barang sebanyak itu. Malahan dulu juga saya pernah upload seserahan kaya gitu di TikTok, cuma gak viral kaya sekarang," ucap Vivin sambil tertawa.

Vivin membenarkan jika seserahan yang dibawa tersebut bukan hanya sekadar perlengkapan rumah tangga. Ada juga hewan ternak seperti ayam, empat ekor kambing dan seekor sapi. Vivin sendiri mengenal pengantin wanita yang menerima seserahan tersebut. Pasangan yang tengah berbahagia tersebut adalah Dandi dan Riana.

Foto pernikahan Dandi dan Riana.Foto pernikahan Dandi dan Riana. Foto: Dok/Vivin Amaliyah.
(gaf/eny)