Saat Ortu Paksa Pengantin Pakai Makeup Artist Pilihannya, Harus Bagaimana?

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 02 Nov 2021 18:30 WIB
Kisah viral wanita yang mengikuti saran MUA dari orangtua dan ibu RT. Kisah viral salah pilih mua. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @imah259.
Jakarta -

Kisah pengantin yang menyesali riasannya saat hari pernikahan karena dipaksa memakai makeup artist atau perias pilihan orangtua, mertua atau keluarga terdekat belakangan kerap viral. Bagaimana agar kondisi tersebut tak terjadi?

Menanggapi kisah pemaksaan tersebut, Psikolog Meity Arianty, STP., M.Psi menjelaskan jika mempersiapkan sebuah acara penting, seperti pernikahan, sebaiknya melibatkan pengantin karena mereka yang akan menjalaninya.

"Keluarga tentu harus membantu, namun bukan berarti menentukan karena bagaimana pun yang akan menjalani kedua mempelai. Saya percaya keluarga dalam hal ini orangtua ingin memberikan yang terbaik," kata Meity kepada Wolipop, Senin (1/11/2021).

Namun apa yang menurut orangtua baik, belum tentu cocok bagi anaknya. Salah satunya dalam menentukan MUA.

"Kebayang kan yang akan tampil pengantinnya, pengantin percaya diri atau tidak salah satunya tergantung apa yang dikenakan karena itu yang tampak mata. Jangan sampai karena MUA jadi merusak keseluruhan acara karena pengantinnya gak percaya diri dengan MUA-ny," tuturnya panjang lebar.

Lalu apa efek yang dirasakan pengantin wanita setelah menerima saja saat dipaksa orangtua memakai makeup artist pilihan mereka? Mei mengungkapkan ada berbagai reaksi yang akan muncul pada pengantin.

"Berbagai perasaan tentu membuat pengantin merasa tertekan, kesal, sedih, malu karena merasa gak percaya diri, mau marah gimana. Jadi serba salah namun merasa tidak berdaya karena harus menuruti keinginan orang tua walau merasa tidak nyaman," jelasnya.

Mei pun memberikan tips agar kamu terhindar dari pemaksaan dari keluarga tersebut dalam urusan persiapan pernikaha. Menurutnya komunikasi adalah kuncinya.

"Sampaikan di awal ke orangtua dan harus komunikasi. Harus tegas di awal bahwa karena ini berkaitan dengan penampilannya maka calon pengantin harus ikut menentukan yang berkaitan dengan pakaian, MUA yang akan dikenakan," ujar Mei.

"Rasanya orangtua pasti akan mengerti. Biasanya orangtua menentukan segala hal terkait acara pernikahan anaknya, jika anaknya juga setuju atau anaknya menyerahkan sepenuhnya ke mereka sebagai orangtua," lanjutnya lagi.

(gaf/eny)