Most Pop: Viral Video Istri Ditalak Suami Usai Ijab Kabul, Begini Faktanya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 11 Jul 2021 18:30 WIB
Suami talak istri setelah akad nikah Foto: Dok. Facebok Delian Lubis
Jakarta -

Beberapa waktu lalu sebuah video pernikahan sempat menjadi viral di media sosial. Pasalnya video tersebut memperlihatkan momen seorang pria yang langsung menalak istrinya usai melakukan ijab kabul.

Video viral itu diunggah oleh pemilik akun Facebook bernama Delian Lubis pada 5 Juli 2021. Dalam video tertulis bahwa sang pria menalak istrinya usai keduanya menjalani proses ijab kabul.

"Bune Laon ke Bung Koceng cina ee..tip kone au2 waura Talak batu," tulisnya dalam bahasa khas suku Bima, NTB. Jika diterjemahkan artinya: "Gmn ni bung Koceng, belum apa2 sudah di talak."

Video yang diunggah Delian Lubis dan kini viral itu memperlihatkan momen pasangan pengantin baru saja melaksanakan akad nikah. Sang mempelai pria kemudian membimbing pengantin wanita yang bergaun pink untuk duduk bersebelahan dengannya.

Dari rekaman video terlihat pernikahan pasangan itu dihadiri cukup banyak orang. Akad nikah digelar di halaman rumah di depan sebuah pelaminan yang dihias sederhana.

Saat mempelai pria dan wanita sudah duduk bersama, penghulu kemudian bertanya pada sang pengantin wanita. Sang penghulu bertanya apakah mempelai wanita ingin suaminya membacakan sighat talik atau tidak. Sighat sendiri adalah sebuah perjanjian dari suami tentang jatuhnya talak dengan kondisi tertentu.

Pertanyaan tersebut dijawab singkat oleh sang mempelai wanita. "Tidak," begitu katanya seperti terlihat dalam rekaman video. Penghulu kemudian bertanya lagi untuk menegaskan jawaban sang pengantin. Dan jawaban wanita berhijab pink itu tetap 'tidak'.

Setelah itu seperti terlihat dalam video, penghulu meminta pengantin pria menandatangani dokumen pernikahan. Namun bukannya tanda tangan, sang pria malah mengambil mikrofon dan langsung berdiri. Dia pun menjatuhkan talak pada pengantin wanitanya.

Perkataan talak itu langsung membuat emosi pria berbaju batik dan bermasker biru yang ada di depan si pengantin wanita. Video kemudian memperlihatkan terjadinya perkelahian dan si pengantin pria kena pukul.

Wolipop menghubungi Delian Lubis yang mengunggah video tersebut ke akun Facebook miliknya. Delian mengaku mendapatkan video tersebut dari kakaknya. Dia sendiri tidak mengenal kedua mempelai.

"Saya posting buat iseng aja sama teman," kata pria yang tinggal di Mataram, NTB (Nusa Tenggara Barat) itu kepada Wolipop, Rabu (7/7/2021).

Kini fakta lain terungkap dari kisah suami yang langsung melakukan talak pada istrinya setelah akad nikah itu. Adalah akun Facebook NurAini D'Nrp, yang menceritakan lengkap cerita di balik video tersebut. NurAini yang saat ini bekerja di Hongkong mengunggah video lengkap pernikahan viral tersebut. Video itu dia peroleh dari temanya yang berada hadir saat acara pernikahan digelar. Acara pernikahan tersebut diadakan di daerah Gapit, Sumbawa, NTB pada 4 Juli 2201.

NurAini mendapatkan informasi dari sang teman yang menjadi saksi pernikahan kontroversial itu mengatakan, pasangan pengantin di dalam video tersebut bernama Fendi dan Yati.

"Mbak Yati adalah adik sekampung dengan saya. Dia warga Kalampa Kabupaten Bima. Begitu juga dengan bang Fendi. Hanya saja mereka berdomisili di Gapit, Sumbawa, NTB," ujar Nuraini kepada Wolipop, Jumat (9/7/2021).

Fendi dan Yati sudah pacaran bertahun-tahun. Hingga akhirnya Yati hamil dan Fendi diminta bertanggungjawab.

"Mereka berdua sudah berpacaran bertahun-tahun. Dan kedua keluarga juga masih ada hubungan saudara. Sebenarnya mereka sudah sepakat untuk menikah," ucap Nuraini lagi.

Alasan Pengantin Pria Langsung Talak Usai Ijab Kabul

Saat Fendi dan Yati sudah sepakat menikah, dengan alasan yang tidak jelas menurut Nuraini, pihak keluarga mempelai pria tiba-tiba tidak menyetujui hubungan keduanya. Dan mereka ingin membatalkan acara pernikahan yang sudah ada di depan mata. Padahal pernikahan itu digelar karena Yati sudah hamil anak Fendi.

"Mau bagaimana lagi mbak Yati sudah hamil dan harus menikah. Dan pernikahan itu dilakukan. Semuanya sudah disiapkan oleh keluarga mbak Yati. Mulai dari perjamuan dan semua tamu undangan," ungkap Nuraini yang merasa gemas.

Walau tidak ada mahar, Nuraini menuturkan jika Yati tetap bersedia menikah dengan Fendi. Dia ingin meminta pertanggung jawaban dari Fendi.

Pernikahan sudah dipersiapkan dengan rapi, Yati mengharapkan acara dapat berjalan dengan khidmat dan lancar. Akan tetapi, betapa terpukulnya hati Yati saat suaminya malah memberikan talak di depan keluarga besarnya.

"Karena memang begitu rencana si laki-laki ingin mempermalukan mbak Yati di hadapan umum," tutur Nuraini.

Yati langsung shock hingga dibawa ke rumah sakit karena tak menduga suaminya akan memperlakukannnya seperti itu. Sementara Fendi diamankan oleh warga setempat.

Namun selang beberapa hari kejadian tersebut, Fendi menyesal dan meminta maaf kepada Yati dan keluarga besarnya. Mereka kembali rujuk dan sepakat untuk membina keluarga yang harmonis.

(gaf/vio)