Liputan Khusus Menikah Siri

Cerita dari Mereka yang Memilih Nikah Siri, Ini Alasannya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 14 Nov 2020 16:00 WIB
Ilustrasi nikah siri Alasan pasangan menikah siri. Foto: Istock
Jakarta -

Ada berbagai alasan pasangan memilih menikah siri. Ada yang karena ingin merahasiakan pernikahannya atau karena alasan mendesak.

Apa itu menikah siri? Definisi menikah siri pada masa sekarang ini adalah saat pernikahan yang dilakukan oleh wali pihak wanita dan seorang pria, disaksikan oleh dua orang saksi serta tidak dicatatkan atau dilaporkan ke Kantor Urusan Agama (KUA).

Kenapa pasangan memilih menikah siri? Wolipop berbincang dengan pria dan wanita yang memilih menikah siri

Pria bernama Rafli ini memilih untuk menikah siri dengan pasangannya setelah pernikahan pertamanya kandas. Dia menikah siri karena akta perceraiannya dengan istri pertama belum keluar dari pengadilan.

"Saya sudah sidang akhir, tinggal ambil akta cerai. Proses persidangan Juli 2020 kemarin. Saya sudah menjalin hubungan dengan seorang wanita, agar lebih mengikat dan biar melakukan segala sesuatunya lebih halal, kami memutuskan untuk nikah siri," ungkap Rafli ketika dihubungi Wolipop, Rabu (11/11/2020).

Rafli menegaskan jika ia dan pasangannya belum bisa mengekspos dulu tentang hubungan mereka. Karena urusan perceraiannya belum benar-benar tuntas, meski sebenarnya sudah resmi bercerai.

Alasan berbeda disampaikan Dewi. Ia dan pasangannya memilih untuk menikah siri terlebih dahulu, sebelum menikah secara resmi.

"Penikahan siri waktu itu dilaksanakan saat pertemuan keluarga (lamaran) tanggal 25 Desember 2010. Tempatnya di rumah orangtua saya," ujar Dewi.

Wanita 32 tahun itu menikah siri hanya dua bulan saja. Pada Februari 2011, Dewi dan pasangannya mendaftarkan pernikahan mereka secara resmi ke KUA. Alasannya menikah siri dengan sang suami sebelum menikah resmi karena katanya mereka suah mengetahui tujuan dan arah pernikahan yang akan dijalani.

"Alasan saya yakin memutuskan untuk menikah siri, karena saya tahu arah dan tujuannya memang untuk menikah. Apalagi saat itu kami tidak ada hubungan pendekatan secara khusus (pacaran). Jadi saya yakin, Bismillah.. Atas ridho orangtua saya siap untuk melanjutkan hubungan ini dan ingin ke jenjang pernikahan (resmi)," tutupnya.



Simak Video "Alasan Faisal Haris Tak Mau Ceraikan Sarita"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)