Foto Prewedding Saat Pandemi

Wajib Tahu, Ini Do's & Don'ts Foto Prewedding Saat Pandemi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 09 Nov 2020 09:38 WIB
prewedding Devita dan Kevin yang bikin kagum Tips foto prewedding saat pandemi Corona. Foto: Dok. Fatahillah Ginting Photography
Jakarta -

Pandemi Corona membatasi sejumlah aktivitas, terutama jika kegiatan itu melibatkan banyak orang. Salah satu aktivitas yang terbatas ruang geraknya karena pandemi adalah sesi foto prewedding. Bagi kamu yang ingin melakukan foto prewedding di masa sekarang ini di mana pandemi Corona masih belum mereda, perlu memperhatikan beberapa hal.

Wolipop berbincang dengan Hendika Putra Satria, fotografer dan kreatif dari Fatahillah Ginting Photography (@fatahillahginting) dan Adly Azhari, fotografer dari Akuwedding (@akuwedding) untuk membahas apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat akan foto prewedding di tengah pandemi.

Do's & Don'ts Foto Prewedding Saat Pandemi

Tentukan Konsep atau Tema Foto Prewedding

Menurut Hendika, jika kamu ingin mengadakan foto prewedding di tengah pandemi, tentukan terlebih dahulu konsep yang ingin kamu dan pasangan inginkan.

"Karena ini kan untuk prewedding pertama dan terakhir. Pastikan atau konsultaskan busana kalian dengan stylist atau fotografer kamu. Busana yang baik dan terlihat pas dengan postur badan kalian dan sesuai dengan tema dan tempat yang kalian pilih," jelas Hendika kepada Wolipop, Kamis (5/11/2020).

Terapkan 3 M

Sebelum dan saat sesi foto prewedding dilakukan hindari bersentuhan dengan tim yang terlibat. Kalaupun memang harus bersentuhan seperti dengan makeup artist dan stylist, terapkan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Sebagai fotografer, Hendika sendiri berusaha meminimalisir pertemuan langsung dengan klien. Sebisa mungkin pertemuan itu terjadi hanya pada saat hari pemotretan.

"Yang penting selama pandemi kita tidak berhubungan langsung dengan klien. Biasanya kalau meeting bisa melalui Zoom," ujarnya.

Demi mencegah penyebaran virus Corona. Hendika mengatakan tempatnya bekerja yaitu Fatahillah Ginting Photography menerapkan kebijakan rapid test setiap sebulan sekali. Jika merasa kurang sehat atau hanya flu sekali pun, karyawan di kantornya tidak diperbolehkan untuk datang ke kantor atau dilarang untuk bertemu dengan klien.

Prewedding di tengah pandemiPrewedding di tengah pandemi Foto: Dok. Fatahillah Ginting Photography

Tidak Bersentuhan Saat Foto Prewedding

Pada saat hari-H foto prewedding, Hendika sebagai fotografer juga meminimalisir sentuhan dengan klien. Untuk mengarahkan gaya, dia mengandalkan moodboard yang sudah dibuat.

"Nah, pas hari H kita biasanya nggak boleh bersentuhan dengan klien. Misalnya bersalaman atau menyentuh klien saat mengarahkan pose. Kita hanya memberi contoh pose melaui moodboard yang kita buat sebelumnya jadi klientinggal mengikuti arahan melaui moodboard tab," lanjutnya.

Selain itu, Hendika yang sudah bergabung dengan Fatahillah Ginting Photography selama enam tahun itu menambahkan, dia juga selalu menjaga kebersihan peralatan fotonya. "Alat-alat yang kita gunain setiap habis dipakai langsung dibersihkan dengan alkohol demi mengurangi tingkat risiko," katanya.

Menerapkan protokol kesehatan juga dilakukan Adly Azhari, fotografer dari Akuwedding. Pria yang sudah mengabadikan momen pernikahan Indah Nada Puspita, Ana Octarina, Dian Pelangi dan Citra Kirana itu menyarankan calon pengantin menyiapkan sendiri busana dan aksesori yang akan digunakan saat foto prewedding untuk meminimalsir sentuhan dengan orang lain.

"Kalau bisa properti dan aksesori lebih baik dipersiapkan sendiri untuk membuat rasa nyaman saat menggunakannya saat proses foto," ujar Adly.

prewedding Devita dan Kevin yang bikin kagumPrewedding Devita dan Kevin yang dilakukan di bawah Jembatan Suramadu. Foto: Dok. Pribadi Devita

Pilih Lokasi yang Tidak Ramai

Pada masa sekarang untuk lokasi foto prewedding, Hendika akan menyarankan pada klien yang ingin melakukan foto di tempat outdoor, dilakukan di kawasan yang tidak terlalu ramai. "Cari yang private aja sekalian, misalnya itu di alam," kata fotografer dari Fatahillah Ginting Photography yang sudah memotret pernikahan selebriti tanah air seperti Miss Grand Internasional 2016 Ariska Putri Pertiwi dan Rini Indonesian Idol itu.

Sedangkan Adly mengatakan, pasangan yang ingin melakukan foto prewedding di area outdoor bisa memilih lokasi di sekitar lingkungan rumah. Hal ini karena berkaitan dengan izin penggunaan lokasi karena di masa pandemi Corona ini tak semua lokasi outdoor bisa dengan bebas dipakai.

"Untuk pasangan yang ingin melakukan prewedding bisa juga menjadikan lingkungan sekitar rumah untuk di jadikan tempat atau lokasi foto prewedding di tengah pandemi. Dan selama saling menjaga protokol kesehatan semua Insya Allah akan aman-aman saja. Dan juga lebih baik sering berkomunikasi dengan fotografer bagimana baiknya agar prosesi foto berjalan dengan lancar," papar Adly yang bekerja untuk Akuwedding.

Itulah empat do's & don'ts foto prewedding saat pandemi Corona. Bagi kamu calon pengantin yang ingin melakukan foto prewedding, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya.



Simak Video "Kupas Tuntas Fashion Seo Dal Mi, Pemeran Drakor Start Up"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)