Langkah Pilih Cincin Kawin yang Tepat untuk Momen Sakral

Inkana Putri - wolipop Selasa, 20 Okt 2020 10:51 WIB
Cincin Pernikahan dan Tunangan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Menjelang momen pernikahan, ada banyak hal yang tentunya perlu dipersiapkan salah satunya cincin pernikahan. Memilih cincin kawin tentunya bukanlah hal yang mudah. Apalagi cincin kawin merupakan salah satu benda sakral dalam pernikahan.

Nah, biar nggak salah pilih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih cincin kawin. Dilansir dari The Knot, berikut 5 cara memilih cincin kawin yang tepat untuk hari bahagiamu.

1. Pertimbangkan Bersama Pasangan

Memilih cincin kawin tentunya berbeda dengan memilih cincin pertunangan. Pasalnya, beberapa pasangan sering sekali memberikan cincin pertunangan atau lamaran secara surprise. Untuk cincin kawin, ada baiknya untuk selalu mempertimbangkan pilihan bersama pasangan.


Selain itu, buatlah keputusan bersama tentang cincin kawin yang akan dikenakan di hari pernikahan nanti mulai dari bahan dasar seperti logam, platinum, emas, atau lainnya. Pastikan juga apakah cincin kawin kamu ingin diberi hiasan permata, ruby, atau berlian, serta jangan lupa untuk membelinya secara bersamaan agar kamu dan pasangan bisa mengetahui cocok atau tidaknya cincin di jari satu sama lain.

2. Hindari Beli Mendadak

Jika kamu sudah punya ide tentang cincin kawin yang diinginkan, sebaiknya segera lakukan pencarian. Berilah waktu setidaknya dua hingga tiga bulan sebelum tanggal pernikahan untuk mengunjungi beberapa toko cincin, atau mencarinya di sosial media. Pasalnya, untuk memilih cincin yang tepat, kamu tentu perlu melakukan banyak survei mulai dari melihat modelnya, meneliti harga, dan lainnya.

3. Tetapkan Budget

Harga cincin kawin tentu berbeda-beda, sesuai bahan, model, dan jenis karatnya. Cincin dengan karat yang lebih rendah tentu akan jauh lebih terjangkau. Sementara itu, cincin kawin dengan hiasan berlian, ukuran, atau permata tentunya akan menambah harga cincin tersebut. Oleh karena itu, pastikan dahulu budget maksimal yang ingin kamu habiskan untuk cincin kawin.

4. Pastikan Ukuran Tepat

Beberapa orang sering melepaskan cincin kawin saat jari-jarinya membengkak, yang disebabkan oleh penambahan berat badan, cuaca, dan retensi air. Oleh karena itu, sebaiknya jadwalkan pemasangan cincin saat kamu dalam keadaan tenang dengan suhu tubuh yang normal. Hindari juga mengukur atau memasang cincin setelah berolahraga dan saat tubuh panas atau dingin karena dapat menyebabkan jari tangan mengembang atau menyusut.


5. Periksa Kualitas

Setiap toko tentu punya kualitas cincin yang berbeda-beda. Saat membeli cincin, jangan lupa untuk kontrol kualitasnya. Pastikan cincin kawin kamu memiliki dua tanda, yakni merek dagang dan jumlah karat. Merek pada cincin biasanya menandakan kualitas dari toko tersebut, sedangkan jumlah karat membuktikan kualitas logam yang digunakan.

Cincin Pernikahan dan TunanganCincin Pernikahan dan Tunangan Foto: dok. Frank & Co



Nah, Itu lah kelima cara yang tepat untuk memilih cincin buat momen sakralmu. Bagi yang ingin membeli cincin kawin, kamu bisa membelinya di Frank & co. yang merupakan retail perhiasan di Indonesia dengan menawarkan produk-produk berkualitas internasional.

Buat kamu yang mendambakan cincin kawin bermata berlian, Frank & co. menyediakan cincin kawin bernama Ever Ours yang bisa dijadikan pilihan untuk hari bahagia kamu. #inthenameoflove. Ever Ours memiliki dua jenis tekstur finishing sebagai aksen dan dilengkapi dengan berlian indah yang terpasang sempurna.

Intip koleksi menarik cincin kawin yang sedang ditawarkan oleh Frank & co. bulan ini di sini.



Simak Video "Kupas Tuntas Fashion Seo Dal Mi, Pemeran Drakor Start Up"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/eny)