ADVERTISEMENT

4 Fungsi Rambut Miss V yang Sering Dianggap Nggak Penting oleh Wanita

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Selasa, 18 Okt 2022 21:00 WIB
Woman eating fresh salad and fish at light table Ilustrasi Miss V. Foto: Getty Images/iStockphoto/AtlasStudio
Jakarta -

Keberadaan rambut Miss V, atau disebut juga dengan pubic hair, sering kali dianggap 'penting nggak penting' oleh wanita. Bahkan ada pula yang menilai rambut di area genital hanya mengganggu penampilan sehingga tidak sedikit wanita memilih menghilangkannya.

Padahal ada beberapa alasan kenapa vagina memiliki rambut. Ini sejumlah fungsi rambut Miss V yang perlu para wanita ketahui.

1. Menyimpan Pheromone

Sejumlah pakar meyakini bahwa rambut Miss V memiliki fungsi 'menyimpan' pheromone, yakni senyawa kimiawi yang diproduksi tubuh manusia untuk menarik atensi lawan jenis ataupun pasangan.

Pheromone juga diyakini bisa menarik lawan jenis dalam konteks seksual. Dengan kata lain, senyawa ini berfungsi membangkitkan aroma tubuh alami manusia yang memicu hasrat seksual ketika dihirup.

"Salah satu teori menyebutkan bahwa tubuh memproduksi pheromone yang kemudian ditangkap oleh rambut kemaluan. Masuk akal jika aroma dari rambut pubic bisa memikat pasangan Anda secara seksual," jelas Sherry Ross, M.D., dokter spesialis kandungan dari Providence Saint John's Health Center, Santa Monica, California, seperti dikutip dari Self.

Teori lain yang dimuat dalam sebuah artikel di Journal of Advanced Rsearch menyebutkan bahwa kelenjar keringat yang banyak terdapat di tempat tumbuhnya rambut, termasuk area pubic hair juga bisa memproduksi pheromone. Namun fungsi rambut kemaluan ini belum 'aktif' sebelum wanita mencapai masa pubertas.

2. Tanda Kesiapan Biologis untuk Reproduksi

Keberadaan rambut Miss V juga diyakini sebagai tanda atau sinyal bahwa seorang wanita telah mencapai atau melewati usia puber, dan sudah bisa menghasilkan keturunan. Hal ini berkaitan dengan insting primitif manusia untuk meneruskan eksistensinya dengan memiliki anak.

"Untuk tujuan primitif, rambut kemaluan mungkin menjadi cara untuk mengidentifikasi bahwa wanita sudah mencapai usia reproduksi," terang Sherry.

3. Melindungi Vagina dari Kotoran

Fungsi lainnya menurut Sherry adalah sebagai pelindung Miss V dari kotoran. Rambut pubic bisa berfungsi sebagai 'gerbang' yang melindungi 'rumahnya' dari gangguan luar.

"Mungkin saja berguna sebagai pelindung untuk mencegah kotoran langsung masuk ke vagina," katanya.

4. Mencegah Vagina Lecet Saat Bercinta

Rambut Miss V juga berfungsi layaknya bantalan untuk melindungi vagina dari gesekan saat bercinta, atau aktivitas fisik intens yang lain seperti olahraga. Manfaat lainnya, adalah menjaga area genital wanita tetap hangat dan pH-nya seimbang.



Simak Video "Protes soal Laga Korsel vs Ghana, Ryu Seung Ryong Ledek Wasit Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)