Inilah 3 Alasan Gairah Seks Suami dan Istri Suka Nggak Sinkron

Hestianingsih - wolipop Senin, 27 Jul 2020 05:46 WIB
Couple having arguments and sexual problems in bed Penyebab gairah seks pria dan wanita nggak sinkron. Foto: Getty Images/iStockphoto/nd3000
Jakarta -

Kenapa wanita kerap malas bercinta di pagi hari, sementara pria malah ingin melakukannya di waktu tersebut? Perbedaan gairah seks menjadi penyebabnya.

Perbedaan gairah seks antara pria dan wanita adalah hal yang wajar, karena secara biologis tubuh mereka diciptakan berbeda. Banyak faktor yang membuat pria dan wanita memiliki perbedaan karakter seksual. Berikut tiga hal yang menyebabkan gairah seks pria dan wanita kerap tidak sinkron:

Gairah Seks Wanita Tak Muncul dengan Spontan

Menurut terapis seks Rosemary Basson, tak sedikit wanita yang memiliki seksualitas yang 'netral'. Artinya, mereka tidak memandang seks secara negatif tapi juga tidak merasa ada kepentingan untuk berinisiatif mengajak pria bercinta lebih dulu. Gairah seksual wanita juga tidak secara spontan muncul seperti kebanyakan pria.

"Gairah seks wanita lebih dipengaruhi oleh kepuasan mereka terhadap hubungan asmara, kedekatan emosional, dan ketika semuanya terpenuhi dan pasangan mereka melakukan kontak seksual yang menimbulkan rangsangan maka hasrat seks akan datang dengan sendirinya. Jadi dalam banyak hal ini merupakan kebalikan dari proses yang terjadi pada pria," jelas pakar psikoseksual Emma Waring, seperti dikutip dari So Feminine.

Faktor psikologis juga berperan di sini. Budaya sosial dan agama sejak berpuluh-puluh tahun menempatkan wanita pada tekanan moral yang membuat mereka lebih enggan untuk mengekspresikan hasrat seksualnya ketimbang pria. Inilah yang mungkin menjadi sebab kenapa pria cenderung lebih bisa memisahkan hasrat seksual dan perasaan mereka.

Singkatnya, rata-rata pria lebih sanggup bercinta dengan seseorang tanpa rasa cinta dibandingkan wanita. Namun libido pria akan lebih intens ketika berhubungan seksual dengan orang yang dicintainya.

Emma menjelaskan bahwa dorongan seksual pria cenderung impulsif yang berasal dari dalam dirinya. Itulah sebabnya pria bisa langsung terangsang hanya dengan melihat wanita berpakaian terbuka atau wanita bertubuh seksi. Sementara wanita umumnya baru terangsang saat distimulasi pasangan, berada di suasana/tempat yang mendukung dan situasi tenang juga romantis.

Young loving couple in bed. Happy couple relaxing in bed.Penyebab gairah seks suami istri berbeda. Foto: iStock

Gairah Seks Pria dan Wanita Datang di Waktu Berbeda

Perbedaan lainnya adalah masalah waktu. Puncak gairah seks pria dan wanita berbeda dan itu bisa dipengaruhi oleh terbit-terbenamnya matahari. Testosteron pria meningkat hingga 30 persen di pagi hari, yang menyebabkan level energi mereka juga lebih tinggi.

Sedangkan wanita perlu merasa relaks, tenang dan jauh dari pikiran yang berkecamuk sehingga pagi hari bukanlah waktu yang menyenangkan untuk mereka bercinta. Karena pagi hari wanita biasanya sudah disibukkan dengan berbagai hal mulai dari mengurus anak hingga menyiapkan sarapan. Oleh karena itu malam hari lebih ideal bagi wanita untuk bercinta.

Kemunculan Gairah Seks Pria dan Wanita

Gairah seksual pria mulai muncul saat mencapai pubertas atau akil baligh, yakni ketika pria pertama kali masturbasi. Libido akan meningkat seiring pertambahan usia. Hingga pada usia 50, hasrat seks perlahan-lahan menurun tapi tidak hilang sama sekali. Beberapa pria juga mungkin mengalami andropause, penurunan testosteron yang memicu rendah atau hilangnya libido.

Pada wanita, gairah seks umumnya muncul jauh lebih terlambat di belakang pria. Namun bisa meningkat seriring berjalannya waktu terutama dengan pengalaman bercinta. Kematangan seksual biasanya dicapai saat wanita menginjak usia 30 tahun ke atas. Saat inilah wanita merasa nyaman dan lebih menikmati seks dengan pasangannya.

Tingkat estrogen menurun dan ovarium memproduksi lebih sedikit testosteron ketika menopause. Tapi karena faktor psikologis juga memengaruhi hasrat seks wanita, bukan berarti libidonya juga berkurang. Justru periode menopause wanita lebih sering dibarengi dengan meningkatnya dorongan seksual.

Itulah tiga hal yang menyebabkan gairah seks suami dan istri kerap tidak sinkron. Namun bukan berarti ini menjadi masalah. Komunikasi adalah kuncinya. Pasangan suami-istri bisa saling berkompromi mengenai hasrat seks ini, sehingga momen bercinta jadi hal yang menyenangkan untuk kedua belah pihak.



Simak Video "Penting! Jangan Lupa Foto Kondisi Paket Saat Terima Belanjaan Online"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/eny)