9 Fakta Menggelitik Tentang Ciuman, Bikin Senyum-senyum Sendiri

Hestianingsih - wolipop Jumat, 28 Feb 2020 22:00 WIB
Ilustrasi pasangan berciuman Ilustrasi pasangan berciuman. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Ciuman merupakan bentuk ekspresi cinta yang intim sekaligus sensual. Selain itu ciuman merupakan cara foreplay yang paling efektif untuk membangkitkan hasrat seksual sehingga aktivitas bercinta jadi lebih menyenangkan.

Di balik nikmat dan sensualitas berciuman, ada fakta-fakta menarik yang patut kamu maupun pasangan ketahui. Mau tahu?

1. Punya Istilah Ilmiah

Ciuman memiliki istilah ilmiah yaitu philematology. Istilah ini pun da Ddefinisinya, yakni gerakan menyentuh atau membelai dengan menggunakan bibir sebagai ekspresi kasih sayang, ucapan salam, sikap menghargai atau jatuh cinta.

2. 90 Persen Orang Pernah Berciuman

Berdasarkan para antropolog, 90 persen orang di dunia ini pernah berciuman. Tapi bukan berarti arti berciuman sama bagi setiap orang. Kebiasaan berciuman bisa diartikan berbeda tergantung budaya yang berkembang di tiap negara. Misalnya saja mencium pipi umumnya dianggap sebagai cara orang-orang Eropa maupun Amerika bertukar sapa dengan teman. Namun di budaya timur seperti Indonesia, pria yang mencium pipi wanita atau sebaliknya bisa diartikan sebagai tanda sayang.

9 Fakta Menarik dan Menggelitik Tentang BerciumanFoto: Istimewa


3. Rekor Ciuman Terlama

Rekor ciuman terlama dipecahkan oleh dua pasangan Amerika, Rich Langley dan Louisa Almedovar. Mereka berhasil berciuman selama 30 jam lebih 59 menit, sudah dipotong waktu saat makan dan pergi ke toilet. Keduanya pun tercatat di Guinnes Book of Record sebagai pasangan dengan ciuman paling lama di dunia.

4. Miring ke Kanan

Rata-rata orang menyerongkan kepalanya ke arah yang sama ketika berciuman. Sekitar 2/3 atau 66 persen orang akan memiringkan kepala mereka ke kanan ketika berciuman. Kecenderungan ini dipercaya telah terbentuk ketika manusia masih berada dalam kandungan. Rata-rata kepala bayi miring ke kanan saat berada di perut ibunya karena memberikan rasa nyaman.

9 Fakta Menarik dan Menggelitik Tentang BerciumanFoto: Instagram @lim_hyoseon


5. Efek Ciuman Seperti Olahraga

Ketika berciuman, jantung akan berdegup lebih kencang, napas menjadi lebih dalam dan tidak teratur. Ini merupakan reaksi tubuh yang sama ketika seseorang berolahraga. Jika dilakukan dengan benar, berciuman bisa menjadi bentuk latihan kardiovaskular ringan.

Di saat yang sama, berciuman juga bisa menenangkan otot-otot yang tegang. Satu menit berciuman bisa membakar hingga 26 kalori, sementara ciuman yang intim dan panjang bisa meningkatkan metabolisme dan membuat tubuh membakar gula lebih cepat dari biasanya.


6. Memerlukan 34 Otot Wajah

Saat berciuman, orang menggunakan otot yang disebut orbicularis oris. Otot yang berada di bagian wajah ini bergerak ketika kamu memajukan, menahan dan menggerakkan mulut saat berciuman. Kecupan kecil di bibir hanya menggunakan dua otot di sekitar bibir. Sementara ciuman yang mendalam dan sensual (french kiss) memerlukan 34 otot di seluruh wajah. Maka tidak heran jika kamu dan pasangan berciuman terlalu lama daerah sekitar mulut dan pipi terasa pegal.

7. Larangan Berciuman

Di beberapa daerah, berciuman dianggap ilegal. Bahkan di Hartfrod, Connecticut, suami yang mencium istri di hari Minggu adalah sebuah tindakan kriminal. Sementara di Cedar, Iowa, mencium orang asing yang dianggap sebagai kriminalitas dan bisa dituntut hukuman penjara. Sementara pada abad 16, Kota Naples di Italia memberlakukan hukuman mati bagi pasangan yang berciuman di depan umum. Hingga kini belum diketahui latar belakang dibuatnya larangan tersebut.

9 Fakta Menarik dan Menggelitik Tentang BerciumanFoto: ist


8. Manusia Bisa Berciuman dalam Gelap

Otak memiliki syaraf-syaraf spesial yang memungkinkan manusia berciuman dalam gelap. Meskipun keadaannya gelap gulita, pasangan tetap bisa menemukan bibir kekasihnya masing-masing dan berciuman.


9. Terjadi Pertukaran Bakteri Saat Berciuman

Studi di Belanda mengungkapkan bahwa satu sesi ciuman selama 10 detik bisa memindahkan 80 juta bakteri antar pasangan. Namun jangan terburu berpikir negatif karena pertukaran bakteri tersebut tidak sepenuhnya berdampak buruk.

Seperti dilansir Being Girl, di dalam saliva terdapat senyawa kimia yang bersifat anti-bakteri. Senyawa tersebut bisa membunuh sebagian besar bakteri (terutama yang jahat) sebelum kuman disalurkan ketika berciuman.



Simak Video "Heboh Pegawai Starbucks Indonesia, Apa Penyebab Pria Suka Ngintip?"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)