PPKM Diperpanjang, Ini Aturan Soal Bawa Anak ke Mal Hingga Resepsi Pernikahan

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 25 Jan 2022 12:01 WIB
Portrait of a happy Latin American family shopping at the mall wearing facemasks during the COVID-19 pandemic – reopening of businesses concepts Foto: Getty Images/andresr
Jakarta -

Beberapa bulan belakangan, mal sudah mulai beroperasi dengan normal meski protokol kesehatan tetap diterapkan. Tapi baru-baru ini, level PPKM diperpanjang lagi yang mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Kamu yang berencana untuk pergi ke mal, patut memperhatikan aturan masuk mal terbaru di Jabodetabek. Kini, anak di bawah usia 12 tahun tidak diperbolehkan masuk.

Pemerintah memberlakukan PPKM level 2 atau level 3 untuk Jabodetabek hingga 31 Januari 2022. Sebelumnya di Jakarta PPKM sudah turun ke level 1. Karena itu, sekarang sejumlah tempat publik, termasuk pusat perbelanjaan akan kembali membatasi pengunjung.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Irmendagri) Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2 dan Level 1 di Wilayah Jawa dan Bali, berikut beberapa aturan baru masuk mal lainnya:

Aplikasi Peduli Lindungi
Salah satu aturan masuk mal dan berbagai tempat atau fasilitas umum lain adalah dengan menggunakan Peduli Lindungi. Kamu yang sudah vaksin bisa menunjukkan sertifikat dengan melakukan scan pada aplikasi tersebut. Jangan lupa untuk mempersiapkannya di smartphone masing-masing.

Kapasitas dan Jam Operasional Mal
Level PPKM dinaikan, kini kapasitas mal tidak boleh 100%. Batas maksimal pengunjung hanya boleh sampai 50%. Selain itu, kunjungan orang-orang yang masuk mal juga hanya bisa sampai pukul 21:00.

Aturan Masuk Supermarket
Supermarket, pasar tradisional, dan toko kelontong juga akan beroperasi sampai pukul 21:00 sampai akhir bulan Januari 2022. Namun kapasitas pengunjungnya boleh sampai 75%.

Anak Kecil Dilarang Masuk
Aturan masuk mal terbaru lain yang patut diperhatikan adalah soal membawa anak. Mereka yang berusia di bawah 12 tahun tidak diperkenankan untuk mengunjungi mal di wilayah-wilayah PPKM level 3.

Tempat Bermain/Hidup Ditutup
Sedangkan kamu yang ingin mengunjungi tempat hiburan tertentu di dalam mal sebaiknya pastikan jika tempat tersebut buka. Selama PPKM Level 3, beberapa tidak diperkenankan beroperasi. Sedangkan di wilayah PPKM Level 2, anak-anak diperbolehkan untuk mengunjungi tempat bermain asalkan didampingi orang tua dan diminta untuk meninggalkan nomor telepon.

Resepsi Pernikahan
Selain aturan masuk mal, ditingkatkannya level PPKM di Jawa dan Bali juga bisa mempengaruhi acara pernikahan. Berdasarkan Inmegdagri Nomor 43 Tahun 2021, resepsi boleh digelar di daerah-daerah yang diterapkan level 2 dan 3 tapi ada penyesuaian. Acara dapat dilakukan selama 50 menit dan tamu undangan diperbolehkan makan dan minum. Untuk wilayah yang diberlakukan PPKM Level 2, pengunjungnya boleh maksimal 50% sedangkan untuk Level 3 hanya bisa 25%.

(ami/ami)