Review: Urban Farm, Tempat Makan Kekinian di Pantai Indah Kapuk

Hestianingsih - wolipop Rabu, 28 Jul 2021 19:15 WIB
Urban Farm Urban Farm di Pantai Indah Kapuk. Foto: Hestianingsih/Wolipop
Jakarta -

Semakin banyak pilihan tempat untuk wisata kuliner ataupun sekadar hangout melepas penat. Salah satunya ada di utara Jakarta yang memang menjadi salah satu 'surga' tempat makan atau restoran hits.

Salah satunya Urban Farm di Pantai Indah Kapuk. Mengusung konsep rekreasi dan edukasi, tempat yang dibuka pada Desember 2020 ini sarat akan tanaman hijau, memberi kesan sejuk.

Urban FarmUrban Farm di Pantai Indah Kapuk. Foto: Hestianingsih/Wolipop

Lahan seluas 2.300 meter per segi ini juga dibuat berkonsep outdoor, diisi sejumlah kios yang rata-rata menjajakan makanan dan minuman kekinian. Sedikitnya ada belasan tenant yang menempati area di kawasan elit Golf Island ini.

Saat Wolipop mendatangi Urban Farm di siang hari tampak masih sepi pengunjung. Sehingga kami lebih leluasa mencicipi berbagai kuliner kekinian.

Urban FarmUrban Farm di Pantai Indah Kapuk. Foto: Hestianingsih/Wolipop

Salah satu kios yang menarik perhatian di Urban Farm adalah Taco Local yang memang sudah punya nama dan gerai pertamanya ada di wilayah Jakarta Selatan. Karena belum masuk jam makan siang, kami memesan dua menu taco sebagai appetizer. Yakni Taco Carne Asada yang berisi potongan daging sapi dan Taco Lengua dengan isian lidah yang dipotong dadu. Isian taco seperti daging, selada dan tomat terbilang banyak, dan rasanya pun cukup otentik khas Meksiko. Untuk dua menu taco, kami membayar Rp 78 ribuan.

Pemberhentian selanjutnya adalah Brewmeric, toko minuman dengan bahan utama kunyit. Karena pada hari itu cuaca sedang sangat panas, menikmati minuman dingin dengan citarasa jamu yang 'dimodernisasi' rasa-rasanya akan terasa nikmat. Kami pun memesan salah satu menu bernama Piper Shot Cold, yakni minuman campuran kunyit, jahe, garam Himalaya dan madu. Kombinasi yang menyegarkan dan semua rasa dari bahan menyatu dengan pas. Satu gelas dijual seharga Rp 25 ribu.

Urban FarmUrban Farm di Pantai Indah Kapuk. Foto: Hestianingsih/Wolipop

Bagi penggemar kopi, ada beberapa kios yang bisa jadi pilihan. Lagi-lagi kami mencari yang paling menarik perhatian dan itu jatuh kepada The Coffee Academics. Kios berkonsep pop-up store ini punya menu unik, menyajikan minuman di dalam cone. Ada tiga pilihan yakni hot chocolate, matcha latte dan piccolo. Kami pun memesan Piccolo Conette, campuran kopi dan susu ditempatkan dalam wafer cone sebagai pengganti gelas. Menu ini seharga Rp 63 ribuan.

Terakhir sebagai pencuci mulut, kami mendatangi Legato Gelato yang selalu ramai pembeli dengan antrean mengular. Kios ini menyajikan gelato berbagai macam rasa. Mulai dari yang klasik seperti pistachio, cokelat, vanilla, strawberry cheesecake hingga yang unik seperti thai tea dan rose tea. Rasa gelato creamy, teksturnya lembut dan tidak terlalu manis sehingga bisa dinikmati sampai habis. Harga satu cup dengan dua scoop Rp 35 ribuan.

Selain empat kios yang kami coba di atas, masih banyak lagi makanan kekinian yang tak kalah menarik. Sebut saja rice yoghurt, ramen, mie ayam kekinian yang dikemas dalam gelas, es krim beralkohol juga jus dari bahan organik.

Urban FarmUrban Farm di Pantai Indah Kapuk. Foto: Hestianingsih/Wolipop

Tiga sampai empat jam 'bergerilya' di sini rasanya cukup memuaskan bagi kami. Disediakan banyak tempat duduk di berbagai area sehingga tidak perlu khawatir akan lelah berdiri. Hanya saja jika ke sini di siang hari, cuacanya cukup panas sehingga kamu harus pandai-pandai memilih tempat yang dilengkapi tenda.

Nah, menjelang sore, pengunjung Urban Farm semakin ramai. Antrean di setiap kios pun tak terelakkan. Jika kamu ingin menikmati kuliner dengan bebas maka disarankan datang ke sini mulai pukul 11.00 siang, karena suasananya masih sepi.

(hst/hst)