Kisah Pasangan Berutang Rp 800 Juta, Lunas dengan Hidup Rp 18 Ribu Sehari

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 16 Mar 2022 11:00 WIB
Ilustrasi pasangan Foto: iStock
Jakarta -

Sepasang suami istri tiba-tiba menjadi pengangguran hingga terpaksa berutang ratusan juta. Mereka pun harus susah payah melunasinya karena juga kesulitan mencari pekerjaan dan tiba-tiba ada kebutuhan mendesak. Karena itu keduanya memutuskan untuk berhemat dengan ekstra membatasi pengeluaran. Saking hematnya dalam sehari mereka bisa hanya hidup dengan kurang dari Rp 18 ribuan.

Ricky dan Naomi Willis dari Inggris jadi viral karena cara mereka berhemat yang mengejutkan. Ketika tidak ada pemasukan, mereka berutang £43.000 (Rp 802 jutaan) kemudian harus mengalokasikan sisa tabungan untuk kulkas dan mobil yang rusak. Saat itu lah, keluarga mereka harus putar otak agar dapat hidup hemat. Kini sudah berhasil melunasinya, mereka ingin mengajarkan orang lain keluar dari jeratan utang.

"Kami tahu melunasinya akan memakan semuanya tapi kami tidak punya pilihan. Utang terus saja menggunung setelah itu. Kami lalu membuat daftar dan memprioritaskan makan dua anak kami Daniella dan Chloe lalu popok karena Chloe masih bayi. Sedangkan makanan kami yang terakhir. Aku merasa mengecewakan keluargaku," kata Ricky dilansir The Sun.

skint dadskint dad Foto: Instagram @skintdad

Saat itu, Rick dan Naomi yang rajin membagikan tips mereka dalam blog Skint Dad pun mulai mengurangi keperluan yang tidak terlalu penting hingga memanfaatkan aplikasi untuk menghemat makanan. Dalam sehari, mereka bisa berhemat sampai hanya mengeluarkan £1 atau Rp 18 ribuan saja. Berikut delapan tips berhemat untuk keluar dari utang yang bisa diterapkan sehari-hari.

1. Hemat Energi; salah satu cara ampuh dalam menghemat pengeluaran rumah tangga adalah dengan menghemat energi. Beberapa caranya bisa dengan mematikan dan mencabut alat-alat elektronik yang tidak dibutuhkan, menghentikan kolam, mengurangi penggunaan AC, oven, dan lain-lain.
2. Pilihan Internet dan Provider; untuk semakin berhemat pilih layanan internet dan provider yang lebih hemat. Kamu bisa berbagi wifi dengan keluarga dan memakai data hanya saat ke luar rumah.
3. Selalu Cek Rekening; saat sedang berhemat rajin-rajinlah mengecek rekening untuk memantau pengeluaran agar tidak kebablasan.
4. Kejar Cashback atau Diskon; tentunya penghematan akan lebih maksimal ketika kita memanfaatkan berbagai promo. Ketahui toko dan barang yang sedang diskon jika bisa pantau di media sosial atau bergabung dengan komunitas dan keanggotaan.
5. Berhenti Langganan; saat sedang hemat coba coba untuk berhenti langganan yang tidak sangat dibutuhkan seperti televisi, gym, katering, dan lain-lain.
6. Hemat Bensin; gunakan kendaraan umum jika bisa lebih hemat uang dan hindari bepergian jauh yang akan menghabiskan banyak bensin.
7. Makan di Rumah; hindari katering atau membeli makanan jadi di restoran. Siapkan menu makanan paling tidak seminggu agar bisa memanfaatkan bahan-bahannya dengan hemat.
8. Kerja Sampingan; tentu utang akan lebih cepat terlunasi jika ada penghasilan tambahan. Jika kamu banyak utang, mulailah mencari pekerjaan sampingan atau bahkan bisa menjadi karier utama jika ternyata kamu berbakat.

(ami/ami)