Kisah Viral Wanita Hemat yang Tabung 90% Gaji, Sering Pakai Baju Bekas Teman

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 08 Nov 2021 07:00 WIB
Woman is taking out money from wallet Foto: Dok. Tencent
Jakarta -

Seorang wanita jadi viral karena gaya hidupnya yang sangat hemat. Bukannya dianggap menginspirasi tapi caranya menabung malah jadi kontroversi. Ia dinilai terlalu pelit hingga menabungkan 90% gajinya setiap bulan. Meski begitu, teknik ekstremnya mungkin bisa kamu ikuti karena sudah menghasilkan dua rumah.

Wanita bernama Wang Shenai asal China mengungkap gaya hidupnya yang anti-mainstream. Ketika konsumerisme sedang jadi tren, ia bertekad untuk menabungkan hampir semua penghasilannya. Meski bukan yang tidak mungkin, hal itu tentu tidak mudah dilakukan. Karenanya, kisah Wang Shenai jadi viral.

Wang Shenai adalah member dari grup online Federasi Wanita Hemat. Sudah populer di kalangan para anggota karena cara berhematnya, ia jadi viral setelah tampil dalam sebuah wawancara. Shenai mengaku bahwa awal dari hidup hematnya adalah latar belakang keluarga. Ia selalu diajarkan untuk berhemat karena mereka dalam keadaan susah.

Wang ShenaiWang Shenai Foto: Dok. Tencent

Karena tinggal di rumah yang kecil, Wang Shenai pun terpikir untuk segera membeli rumah sendiri. Sesaat setelah dapat pekerjaan, ia langsung berencana mengumpulkan uang untuk beli apartemen yakni dengan menabungkan 90% gajinya.

Untuk menghemat uang, ia melakukan berbagai cara, termasuk beli baju bekas bahkan menerima dari teman-temannya. "Aku menghabiskan kurang dari 100 yuan (Rp 223 ribuan) untuk beli pakaian dalam karena bukan ide yang bagus pakai pakaian dalam bekas orang lain. Tapi aku punya teman yang suka beli baju dan dia akan membuangnya bahkan ketika belum sering dipakai. Dia akan memintaku memilih mana yang aku mau dari baju bekasnya," katanya dilansir The Sun.

Wang ShenaiWang Shenai Foto: Dok. Tencent

Selain jarang beli baju baru, Wang Shenai juga tidak makan di restoran, 'hangout' dengan teman, selalu menggunakan transportasi umum hingga pakai kupon untuk dapat potongan harga. Wanita 32 tahun itu juga menghindari barang-barang mewah dan sering mengambil perabotan bekas.

"Untuk sebagian orang, menghabiskan uang membuat mereka bahagia. Tapi untukku, aku tidak merasa bahagia sama sekali. Bahkan aku jadi merasa gugup dan cemas ketika menghabiskan uang," ujar wanita yang bekerja di bidang periklanan itu.

Dari hasil menabung ketatnya, Wang Shenai sudah berhasil membeli dua apartemen. Ketika mendengar kisahnya, banyak orang memuji ibu dua anak tersebut sebagai orang yang bijak karena tidak membuang uang. Tapi tak sedikit pula yang mengkritik cara menabung ekstrem itu dan meminta media untuk tidak mempromosikannya. Bagaimana menurut kamu?

Wang shenaiWang shenai Foto: QQ

(ami/ami)