4 Tips Bisa Makan Enak di Tanggal Tua, Cocok buat Anak Kos

Reyhan Diandri Ghivarianto - wolipop Sabtu, 25 Jul 2020 14:36 WIB
Makanan warteg Foto: Shutterstock
Jakarta -

Memasuki akhir bulan tentu keuangan semakin menipis. Dengan berkurangnya budget, menu makanan juga harus pilih-pilih sesuai kantong. Apalagi buat mahasiswa atau pekerja fresh graduate dengan gaji yang pas-pasan untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Namun ada beberapa cara agar bisa tetap makan enak meski di tanggal tua dilansir dari laman nhs.uk berikut ini.

Buat Daftar Belanja

Agar tidak membeli bahan yang berlebih sebaiknya dibuatkan daftar belanjaan terlebih dahulu. Buatlah daftar menu makanan yang akan dimasak setiap harinya selama sebulan.

Jika sudah mengetahui menu apa saja yang ingin dimasak, maka menu-menu tersebut bisa disesuaikan saat budget telah menipis dan masuk ke tanggal tua. Sehingga pilihan menu tetap bisa enak tanpa harus mengorbankan terlalu banyak uang.

Masak Menu yang Bisa Dipanaskan Kembali

Tidak ada salahnya untuk memasak makanan sendiri di tanggal tua, namun sebaiknya ketika memasak buatlah menu yang bisa dipanaskan kembali. Contohnya sup, rawon, olahan ayam, dan sebagainya yang mana masakan tersebut tidak mudah basi.

Alhasil dengan memasak menu yang tepat, pengeluaran akan menjadi lebih hemat. Makanan itu pun bisa dimakan untuk dikonsumsi selama 2-3 hari tanpa harus membeli bahan makanan baru.

Makan di Warteg

Warteg merupakan tempat yang bisa menghemat belanja bulanan hingga waktu gajian tiba. Biasanya satu porsi nasi dengan dua jenis lauk hanya dihargai Rp 10 ribuan saja.

Apalagi banyak warteg yang saat ini telah menyediakan menu-menu makanan yang tidak kalah enak dengan restoran yang ada di mal-mal. Dengan porsi yang lebih banyak dan harga terjangkau, warteg bisa menjadi salah satu cara hemat untuk makan enak di tanggal tua.

Beli Menu Diskon Paketan

Pesan makan secara online kini kian digandrungi banyak masyarakat. Selain praktis ada pula beberapa promo menu paketan yang bisa dipilih sesuai kondisi keuangan. Biasanya banyak restoran online yang membuat menu diskon paket dengan harga terjangkau untuk mempromosikan menu barunya. Salah satunya di aplikasi Grab lewat layanan GrabFood.

Layanan ini menyediakan banyak pilihan makanan dengan berbagai promo yang nggak bikin kantong jebol saat menunggu gajian. Saat ini juga sedang ada promo HEMATTERUS yang menawarkan berbagai menu makanan serba Rp 19 ribu hingga tanggal 26 Juli.

(prf/eny)