Cara Makeup Artist Indonesia Bertahan Saat Sepi Job karena Corona

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 07 Jun 2020 13:12 WIB
Vivi Thalib Foto: Instagram
Jakarta -

Berbagai sektor menjadi lumpuh dan tak bisa berjalan dengan efektif karena pandemi Corona. Termasuk dalam dunia bisnis jasa makeup, yang biasanya kebanjiran orderan saat momen pernikahan atau acara besar lainnya. Lantas bagaimana para makeup artist Indonesia menyiasati masa-masa berkurangnya pekerjaan ini?

Penata rias langganan selebriti Ryan Ogilvy mengaku memang tak menerima tawaran merias di saat pandemi Corona. Dia melakukannya guna mencegah penyebaran virus Corona.

Agar tetap produktif, Ryan membuka kelas makeup online. Dia pun tak menyangka peserta kelas makeup online yang digelarnya disambu antusias oleh para pecinta makeup.

ryan ogilvyRyan Ogilvy Foto: Instagram @ryanogilvy



"Yang awalnya target pesertanya 400 orang, tapi malah kita dapat pesertanya 2000 orang, alhamdulillah! Ternyata peminatnya banyak. Ada bagusnya juga kalau membuka kelas makeup secara online, yang di daerah bisa berkomunikasi dengan aku secara langsung pakai aplikasi Zoom dan tanya jawab. Dan itu dua jam setiap satu sesi, lumayan mengisi waktu," ungkap pria yang pernah merias Caitlyn Jenner saat datang ke Indonesia itu saat diwawancara oleh Wolipop lewat telepon, Kamis (4/6/2020).

Sama seperti Ryan Ogilvy, makeup artist (MUA) populer Bubah Alfian yang membuka kelas makeup secara online. Bubah yang pernah merias wajah super model Tyra Banks ini membuat kelas makeup online juga dengan tujuan agar tetap produktif.

"Selain makeup class online, aku Live Instagram dengan teman-teman artis lainnya untuk menginspirasi karena sekarang bingung pada mau kerja apa dan aku memberikan tips-tips mengisi kekosongan waktu kala pandemi. Aku juga membantu Jember Fashion Festival, live dengan program Insert," tutur Bubah yang juga menghabiskan waktu di rumah selama pandemi dengan belajar memasak dan berolahraga.

Vivi ThalibVivi Thalib Foto: Instagram



Hal berbeda dilakukan MUA Nadia Sabrina Dwiumami. MUA yang mempunyai ciri khas blushon manja ini lebih memilih mempraktekkan berbagai jenis riasan selama momen corona. "Selama pandemi, aku makeup-makeup ke muka sendiri supaya menjaga tangan tetep luwes," kata MUA yang populer di Instagram dengan nama akun @nanathnadia itu.

Nadia mengaku benar-benar membatasi kegiatannya ke luar rumah selama pandemi Corona. "Kegiatan dikurangi banget, biasanya kan aku ngajar make up, sekarang hanya make up pengantin dan make up lainnya seperti lamaran, dan acara lainnya. Masih belum berani buka untuk private class," ucapnya.

Efek dari mengurangi pekerjaan makeup ini dirasakan MUA Vivi Thalib. Makeup artist langganan Laudya Cynthia Bella, Zaskia SUngkar dan Dessy Ratnasari itu mengaku pemasukannya dari merias jauh berkurang.

"Biasanya aku libur dalam seminggu hanya satu hari, sekarang memang pemasukan hampir 80% berkurang di masa pandemi, keuangan, pemasukan dan pekerjaan menurun. Tapi beberapa kali aku sering membuat tutorial di Instagram. Dan melakukan interaksi secara online dengan aplikasi Zoom, kolaborasi dengan beberapa produk makeup membuat live di YouTube," kata Vivi.



Simak Video "Tips Hadapi Kehidupan di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)