ADVERTISEMENT

Bikin Syok, Parfum Palsu Dijual di Jalanan Mengandung Urine Manusia

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Sabtu, 17 Des 2022 13:00 WIB
parfum impor. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto Ilustrasi parfum branded. Foto: dikhy sasra
Jakarta -

Peredaran parfum palsu semakin mengkhawatirkan. Belum lama ini polisi menemukan ratusan parfum dengan kandungan sianida hingga urine manusia.

Satuan polisi di Kota London baru saja menyita parfum palsu senilai Rp 1,1 miliar yang menyatut beberapa brand ternama seperti Chanel, Armani, Dior dan Hudo Goss. Parfum dijual di jalanan dan sejumlah bar di Cheetham Hill, Manchester.

Polisi yang khusus menangani pelanggaran kekayaan intelektual tersebut mendapati 400 botol parfum palsu di antara barang tiruan lainnya seperti pakaian, aksesori dan earphone nirkabel. Total barang-barang palsu ini mencapai berat hingga 7 ton.

Temuan paling mencengangkan adalah kandungan dari parfum-parfum tersebut. Sebagian besar mengandung bahan-bahan berbahaya.

"Parfum palsu bisa terlihat sangat mirip dengan aslinya, tapi hasil tes sampel di laboratorium menunjukkan ada kandungan zat kimia berbahaya, termasuk sianida dan urine manusia. Semua bahan itu bisa menyebabkan reaksi alergi, seperti iritasi, bengkak-bengkak, ruam kemerahan bahkan luka bakar," jelas Detektif dari unik kriminal Matthew Hussey, seperti dilansir Daily Star.

Selain parfum, polisi juga menemukan berbagai kosmetik palsu berbahaya. Kosmetik palsu seperti maskara dan lip gloss pun mengandung zat berbahaya dengan kadar tinggi.

Beberapa zat berbahaya yang berhasil dianalisa terdapat dalam kosmetik palsu tersebut di antaranya aersenik, merkuri dan timbal. Semuanya dalam kadar di atas ambang aman alias beracun.



Simak Video "Gen Halilintar Masuk Nominasi Nickelodeon Kids Choice Awards 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)