ADVERTISEMENT

Liputan Khusus Tas KW

Kenali Jenis-jenis Tas Branded KW, Ada yang Kemiripannya Mencapai 90%

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 20 Sep 2022 11:31 WIB
Tas branded KW Jenis-jenis Tas KW. Foto: Rahmi Anjani/Wolipop
Jakarta -

Mengenakan tas dari brand high end tak hanya menambah kesan stylish. Karena harganya yang mahal, bagi banyak orang item fashion itu dinilai punya kebanggaan tersendiri sehingga bisa menambah percaya diri. Tak heran jika beberapa memilih untuk membeli tas 'KW' atau palsu yang harganya lebih murah ketika budget belum cukup untuk beli yang asli.

Tas dengan desain atau motif yang meniru brand-brand kenamaan, seperti Chanel, Louis Vuitton, Dior, hingga Balenciaga banyak dijual di pasaran. Tas-tas tersebut umumnya dihadirkan dengan sejumlah tingkatan kualitas sehingga bisa disesuaikan dengan budget para pembelinya. Berdasarkan pantauan Wolipop di pusat perbelanjaan di Jakarta, berikut beberapa jenis tas branded KW dan perbedaannya.

Tas KW

Tas branded KWTas branded KW Foto: Rahmi Anjani/Wolipop

Istilah 'KW' diambil dari kata 'kualitas' dan bisa diartikan sebagai sesuatu yang palsu atau mengikuti aslinya. Tas KW sendiri bisa memiliki beberapa level lagi, misalnya KW 1, KW 2, dan KW 3 hingga KW Super sesuai dengan material dan harganya. Tapi berdasarkan pantauan Wolipop, sekarang ini istilah tingkatan-tingkatan itu sudah jarang didengar lagi.

Tas-tas dengan kualitas KW umumnya lebih jelas terlihat palsu karena dibuat dengan material yang paling murah. Hal itu bisa dilihat dari warna, tulisan, tekstur, dan detail-detail lain yang biasanya kurang 'nyata'. Untuk harganya sendiri, di ITC Mangga 2, berbagai tas KW bisa dimiliki mulai dari Rp 50 ribu. Tapi kebanyakan produknya dijual Rp 100-300 ribuan tergantung brand.

Tas Premium/KW Super Premium

Tas branded KWTas branded KW Foto: Rahmi Anjani/Wolipop

Adapun tas branded kualitas premium atau sering disebut KW Super Premium. Tas-tas palsu dalam kategori ini umumnya terlihat lebih bagus daripada KW dan lebih mirip asli. Hal itu terlihat dari material dan warna 80% mendekati barang di butik.

Berikut perbedaan antara tas KW biasa dengan tas KW Premium. Sekilas hanya terlihat perbedaan warna tapi jika diperhatikan lebih jeli, detail-detail seperti bagian penutup, pegangan, dan emboss logo brand di tas tersebut berbeda. Serat pada materialnya juga tidak sama. Umumnya tas premium bahannya lebih tebal.

Harganya tas KW premium berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 3 jutaan tergantung merek dan bahan. Tas dengan kualitas super umumnya dua kali lipat harga tas KW biasa.

Tas Mirror

Tas branded KWTas branded KW Foto: Rahmi Anjani/Wolipop

Mirror adalah istilah yang digunakan untuk tas KW versi paling mirip karena sengaja dibuat 'mirroring' atau meniru produk asli. Penjual juga sering menyebut kualitas tersebut sebagai 1:1 karena hampir tidak bisa dibedakan dengan barang original. Tingkat kemiripannya bisa mencapai 90%. Beberapa brand tas yang banyak dibuat versi 'KW Mirror', seperti Longchamp, Dior, Miu Miu, Louis Vuitton, Prada, dan Saint Laurent. Harganya bisa dibeli mulai dari Rp 3 juta hingga 15 juta.

Tas KW Grade A

Tas branded KWTas branded KW Foto: Rahmi Anjani/Wolipop

Tas KW dengan kualitas Grade A bisa dibilang mirip dengan 'mirror'. Produk tersebut dibuat dengan penirupan terbaik sehingga harganya lebih mahal. Salah satu brand tas yang banyak ditiru dan dibuat versi Grade A adalah Goyard. Bisa dilihat jika produk ini hampir sama persis barang original karena terbuat dari kulit asli.

Handmade

Tas branded KWTas branded KW Foto: Rahmi Anjani/Wolipop

Di pusat perbelanjaan, kamu mungkin juga akan menemukan tas KW kualitas handmade atau buatan tangan. Versi tersebut biasanya hadir untuk tas-tas dengan material dan pengerjaan lebih rumit, misalnya Hermes varian Birkin. Dikatakan punya kemiripan 90% dari produk asli, item itu umumnya dijual Rp 15-18 jutaan.

(ami/ami)