ADVERTISEMENT

Prosedur V-Shape ala Artis Korea Memicu Wajah Jadi Kendur dan Tampak Tua

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 01 Sep 2022 21:00 WIB
Natural beauty. Healthy skin. Dermatology hygiene. Cheerful smiling woman touching healthy fresh face on light defocused bathroom at morning. Foto: Getty Images/iStockphoto/golubovy
Jakarta -

V-shape menjadi prosedur estetik yang sempat digandrungi banyak wanita karena terinspirasi dari wanita Korea, bahkan sampai saat ini masih banyak klinik kecantikan yang menawarkan menu tersebut. Hasil dari prosedur V-shape memang secara instan bisa membuat wajah tampak lebih tirus dan feminin, namun prosedur kecantikan tersebut memicu masalah wajah lainnya.

Prosedur V-shape biasanya menggunakan filler. Di mana bagian bawah wajah seperti rahang yang dibuat kecil, dan dagu yang ditambah lebih panjang. dr. Inggrid Marissa, dokter kecantikan dari Miracle Aesthetic Clinic mengungkapkan bahwa prosedur kecantikan tidak hanya berfokus pada V-shape yakni hanya di bagian wajah saja.

Penuaan pada wajah ada di tiga bagian wajah: upper, middle, dan lower face. Dibutuhkan prosedur kecantikan yang tepat agar ketiga bagian tersebut sama-sama ideal.

"Fakta membuktikan bahwa untuk tampilan wajah lebih muda tidak hanya melakukan V-shape saja karena fitur wajah seseorang secara keseluruhan perlu diperhatikan. V-shape tidak membuat anchor. V-shape tidak membuat pondasi karena V-shape hanya terfokus pada area dagu dan lebih tirus," ungkap Dr. Inggrid dalam acara Sigma Code bersama Miracle Aesthetic Clinic di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (31/8/2022).

Dr. Inggrid menjelaskan lebih dalam bahwa teknik V-shape bisa berimbas pada pipi yang jadi turun dan kendur sehingga penampakan wajah akan terlihat menua.

"Mengisi (filler) dagu terus-menerus lama-lama dagunya akan turun karena berat, ada efek gravitasi juga. Wajah satu-kesatuan sehingga akan menarik bagian-bagian di sekitarnya, smile lines (garis senyum) akan lebih dalam, sekitar pipi akan turun. Mukanya jadi berat, at the end of the day kita butuh anchor dan pondasi untuk menopang kekosongan di wajah tersebut," jelas dr. Inggrid.

Proses aging bisa dicegah dengan perawatan lain, salah satunya adalah prosedur Sigma Code, di mana memanfaatkan filler yang diterapkan di beberapa titik wajah. Prosedur ini membuat wajah menjadi lebih simetris dan mengoreksi kekurangan wajah, tanpa fokus di area dagu saja.



Simak Video "Foto Filler Hidung Kekeyi Jadi Sorotan"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)