ADVERTISEMENT

Ngeri! Kecanduan Tanning, Kepala Wanita Ini 'Berlubang' karena Kanker Kulit

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Senin, 01 Agu 2022 09:00 WIB
Nickie Murtagh. Nickie Murtagh. Foto: Instagram/@sun_burnt_runner
Jakarta -

Nickie Murtagh terobsesi punya kulit cokelat yang tampak berkilau sehat. Wanita ini melakukan segala cara agar kulit putihnya berubah warna, sampai membuatnya kecanduan menggelapkan kulit menggunakan sunbed.

Obsesinya itu berakibat fatal. Nickie Murtagh didiagnosa kanker kulit yang hampir merenggut nyawanya.

Wanita asal London, Inggris, ini mulai menggelapkan kulit dengan sunbed sejak usia 20-an. Saking terobsesinya, Nickie bisa menggunakan sunbed hingga delapan kali sebulan.

Efek dari keranjingan pakai alat sunbed dirasakan Nickie di usia paruh baya. Pada 2018, ibu tiga anak ini mendapati tahi lalat tumbuh di belahan rambutnya yang kian lama kian besar dan menonjol.

Nickie pun memeriksakan diri ke dokter, namun setelah diperiksa, kondisinya itu tidak berbahaya. Tahi lalat yang menonjol di kepalanya hanyalah kista karena efek dari penggunaan kosmetik.

Nickie Murtagh.Kanker kulit di kulit kepala Nickie Murtagh. Foto: Instagram/@sun_burnt_runner

Ia mulai khawatir ketika tahi lalat itu makin menonjol, yang membuatnya menemui dokter spesialis kulit, tiga bulan kemudian. Dokter pun langsung mengungkapkan kekhawatirannya dan meminta Nickie untuk segera melakukan biopsi.

Kemudian pada 13 Mei 2018, hasil tes menunjukkan bahwa dia mengidap kanker kulit. Operasi pengangkatan kanker di bagian kepala pun dilakukan. Nickie mengaku itu adalah pengalaman terburuk dan paling menakutkan dalam hidupnya.

"Saya dalam kondisi sadar selama proses operasi dan itu pengalaman paling buruk yang pernah saya alami seumur hidup," tuturnya, seperti dikutip dari Daily Star.

Operasi itu meninggalkan bekas luka menganga yang membuat dokter bedah harus melakukan pencangkokan kulit. Nickie pun harus hidup dengan bekas operasi yang mirip seperti lubang di kepala seumur hidupnya.

"Kini saya harus memeriksa kondisi kulit dan tahi lalat secara rutin, ada bekas operasi yang sangat besar dan kulit wajah saya jelek karena kerusakan akibat sinar UV, terutama melasma," ucapnya.

Melasma merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan bercak kecokelatan atau biru-keabuan yang mirip freckle atau bintik-bintik di wajah. Bintik-bintik tersebut muncul setiap kali Nickie terpapar sinar matahari.

Nickie Murtagh.Wajah Nickie Murtagh tidak rata karena melasma. Foto: Instagram/@sun_burnt_runner

"Saya sudah mencoba berbagai perawatan untuk menghilangkannya tapi tidak ada yang berhasil, itulah kerusakan yang terjadi akibat saya sendiri. Saya selalu takut kanker itu datang lagi karena kanker kulit biasanya berulang," katanya.

Nickie hanya bisa pasrah dengan keadaannya. Dia pun membagikan pengalamannya di TikTok sebagai peringatan kepada orang-orang akan bahaya kecanduan tanning dan selalu gunakan perlindungan maksimal saat terpapar sinar matahari.



Simak Video "Pengakuan Wanita yang Tuntut L'Oreal Terkait Produk Pelurus Rambut"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)