Cara Cepat Menghilangkan Jerawat di Dagu Menurut Dokter Kulit

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 14 Jun 2022 10:15 WIB
Upset millennial girl touching pimple on her chin in front of mirror at home Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Jakarta -

Jerawat bisa tumbuh di mana saja, terutama area yang sering berminyak, seperti hidung hingga dagu. Apa kamu punya jerawat di dagu sehingga sering tidak percaya diri? Mari kita atasi sesuai saran dari dokter kulit.

Sebelum mengatasi jerawat di dagu, kamu harus memahami dulu faktor penyebabnya. Dokter kulit bersertifikat di New York, Amerika Serikat, Marisa Garshick, M.D., F.A.D., penyebab munculnya jerawat di dagu sama seperti jerawat pada bagian muka lainnya.

"Mirip dengan jerawat lainnya, jerawat di dagu bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk peningkatan produksi sebum, pori-pori tersumbat, peradangan, dan bakteri. Pada beberapa orang mungkin juga karena faktor hormonal," papar Marisa seperti dilansir dari Prevention.

Ada dua faktor yang paling sering menyebabkan munculnya jerawat di dagu, yaitu:

Hormonal

Jerawat di dagu karena faktor hormonal umumnya terjadi pada wanita yang lebih tua di atas 25 tahun. Dokter kulit Heather Rogers, M.D., F.A.A.D, mengatakan bahwa jerawat di dagu mungkin muncul pada minggu menjelang siklus menstruasi yang disebabkan oleh peningkatan kadar testosteron.

Dr. Marisa menambahkan, umumnya jerawat yang muncul karena hormonal terjadi pada area sepertiga bagian bawah wajahmu, terutama dagu dan garis rahang. Jerawat di dagu memiliki tekstur yang sangat lembut tapi dalam sehingga sulit dihilangkan.

Penggunaan Masker

Satu lagi penyebab jerawat di dagu bisa karena penggunaan masker yang terlalu sering. Pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir mengubah kebiasaan masyarakat selalu menggunakan masker saat di dalam maupun luar ruangan.

Dr. Rogers menjelaskan bahwa jerawat di dagu bisa disebabkan oleh perubahan pada bioma kulitmu, disebabkan oleh napas yang terperangkap di bawah masker. Kemudian akhirnya menciptakan lingkungan yang lembab dan memasukkan organisme baru sehingga muncul jerawat di dagu.

(eny/eny)