8 Penyebab Jerawat di Alis dan Cara Menghilangkannya

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 14 Mei 2022 15:32 WIB
Eyelash, Eyebrow, Human Lips, Make-Up, Human Face Foto: iStock

Jakarta -

Jerawat dapat timbul di mana saja di wajah atau tubuh, termasuk alis. Lalu, apa penyebab jerawat di alis? Di bawah ini ada penjelasan tentang penyebab jerawat di alis dan cara mengatasinya.

Jerawat terjadi ketika pori-pori di kulit tersumbat oleh minyak, kotoran, atau bakteri. Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Namun, sebagian besar jerawat berkembang di area di mana terdapat minyak berlebih, seperti dagu, hidung, dan dahi.

Jerawat di alis bisa saja mengganggu. Tetapi, jika kamu mengetahui penyebab jerawat di alis, kamu dapat menemukan perawatan yang tepat. Penyebab jerawat di alis karena beberapa alasan, seperti produksi minyak berlebih, rambut tumbuh ke dalam, dan bahkan produk kosmetik tertentu.

Berikut ini penyebab jerawat di alis yang perlu kamu ketahui:

1. Pori-pori tersumbat

Pori-pori bisa tersumbat oleh berbagai zat, antara lain minyak dari wajah, rambut, tangan, keringat, sel kulit mati. Meskipun kelenjar keringat juga merupakan pori-pori di kulit, folikel rambut adalah pori-pori utama yang terlibat dengan jerawat.

2. Kulit berminyak

Kulit berminyak adalah salah satu penyebab jerawat yang paling umum. Minyak berlebih pada kulit dapat menyumbat folikel rambut, yang menyebabkan jerawat ketika folikel yang tersumbat menjadi meradang atau terinfeksi. Karena wajah dan dahi memiliki banyak kelenjar minyak, biasanya orang dengan kulit berminyak mendapatkan jerawat di sekitar dan di antara alis mereka.

3. Penyebab Jerawat di Alis: Rambut Tumbuh ke Dalam

Mencabut atau mencukur alis dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Ini terjadi ketika sebagian rambut yang dicabut tumbuh kembali ke kulit, dapat menyebabkan jerawat jika folikel rambut tersumbat.

4. Kosmetik

Beberapa kosmetik dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Kuas riasan yang kotor juga dapat menyebabkan jerawat, karena dapat menampung bakteri. Kosmetik seperti gel alis secara khusus dapat menjadi penyebab jerawat di alis.

(eny/eny)