Jerawat Terus Muncul di Area Dagu, Tanda Ginjal Anda Bermasalah

Hestianingsih - wolipop Rabu, 05 Agu 2015 13:05 WIB
Dok. Getty Images
Jakarta - Timbulnya jerawat di wajah bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Tapi tak hanya itu, jerawat juga bisa menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan di dalam tubuh.

Menurut penelitian, tumbuhnya jerawat bukan hanya karena penumpukan sel kulit mati, penyumbatan pori dan adanya bakteri pada wajah. Letak jerawat di bagian-bagian tertentu wajah bisa berarti sinyal yang dikirimkan tubuh untuk memberitahu ada sesuatu yang tidak beres pada organ dalam.

Jika Anda merasa jerawat di area sekitar mulut dan dagu tak kunjung hilang meskipun sudah menggunakan obat pembasmi jerawat, ada kemungkinan ginjal Anda bermasalah. Pakar kesehatan holistik John Tsagaris menjelaskan bahwa penyebab timbulnya jerawat di area mulut umumnya adalah perubahan hormon dan stres.

Baca Juga: 50 Inspirasi Gaya Hijab Selebgram

Sementara jerawat di area dagu, bisa menandakan adanya ketidakseimbangan fungsi ginjal. Seperti dikutip dari Daily Mail, John mengatakan bahwa kurang minum bisa mengganggu fungsi ginjal. Ketika tak bekerja optimal, itu bisa terlihat dari munculnya jerawat di area dagu.

"Anda harus menjaga organ tubuh berfungsi dengan semestinya dan tidak memperlakukannya seperti mesin. Ingat selalu bahwa tidur cukup, relaksasi, hidrasi dan makan diet sehat dan seimbang bisa membantu kulit terlihat segar dan sehat," tegas John.

Selain itu untuk menjaga kulit agar terhindar dari jerawat di bagian wajah manapun, baik itu dahi, hidung atau pipi, John menyarankan untuk mengonsumsi berbagai macam buah dan sayuran. Makanan yang dianjurkan John untuk menjaga kesehatan dan kemulusan kulit diantaranya ketimun, semangka, melon, seledri, wortel, buah bit, lidah buaya, selada, kentang, pepaya, pir, raspberry, nasi merah dan kacang-kacangan.

Sementara makanan yang harus dihindari adalah gula, produk susu olahan, cokelat susu, minuman mengandung kafein dan minuman bersoda. Kurangi juga konsumsi kerang-kerangan, makanan olahan pabrik, makanan dalam kemasan dan makanan mengandung banyak lemak serta minyak.

(hst/hst)