7 Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak, Alami dan Ampuh

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 09 Jun 2022 11:45 WIB
Upset millennial girl touching pimple on her chin in front of mirror at home Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Jakarta -

Jerawat yang bengkak bukan hanya membuat tak percaya diri, tapi juga bisa menimbulkan sakit atau perih. Lalu, bagaimana cara mengempeskan jerawat yang bengkak? Di bawah ini ada cara mengempeskan jerawat bengkak dengan alami dan aman.

Tak ada cara ajaib untuk menghilangkan jerawat di wajah secara singkat. Ada produk dan trik yang membantu melawan peradangan dan mempercepat proses penyembuhan untuk membuat jerawat kempes hingga tidak terlalu terlihat.

Kamu pun tak perlu stres, karena cara mengempeskan jerawat yang bengkak cukup mudah. Ikuti tips yang disetujui oleh dokter kulit ini untuk cara mengempeskan jerawat yang bengkak dengan cepat.

Berikut ini tujuh cara mengempeskan jerawat yang bengkak:

1. Kompres Hangat

Seperti dikutip dari Cosmopolitan, menurut ahli dermatologist Dr. Schultz, dengan lembut memegang waslap hangat di atas jerawat selama tiga menit dapat membawa darah ke area tersebut. Selain itu, kompres hangat juga membantu mengatasi benjolan.

"Kompres hangat dapat mengurangi pembengkakan dan membawa bakteri ke permukaan kulit," kata Dr. Schultz.

2. Teh Hijau

Menurut review 2016, mengoleskan teh hijau secara topikal dapat mengurangi jumlah rata-rata jerawat dan pustula pada orang dengan jerawat ringan hingga sedang. Satu studi menemukan bahwa teh hijau dapat secara signifikan mengurangi jerawat inflamasi dan non-inflamasi selama periode 8 minggu.

Teh hijau adalah anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba, sehingga dapat bekerja melawan jerawat dalam beberapa cara.

3. Teatree Oil

Teatree oil adalah obat rumah yang populer sebagai cara mengempeskan jerawat bengkak. Beberapa penelitian menunjukkan minyak esensial ini bersifat antimikroba, dan dapat mengurangi jumlah noda pada orang dengan jerawat ringan hingga sedang.

(eny/eny)