ADVERTISEMENT

5 Rekomendasi Bahan Aktif untuk Memudarkan Bintik Hitam di Wajah

Erika Dyah - wolipop Kamis, 07 Apr 2022 16:22 WIB
Y.O.U Foto: Y.O.U
Jakarta -

Pernahkah kamu mengamati wajah dan menemukan spot atau titik berwarna gelap yang bikin penampilan nggak pede? Jika iya, kamu mungkin perlu mengetahui beberapa bahan aktif yang bisa bantu pudarkan bintik hitam di wajah.

Bintik gelap atau yang biasa disebut dark spot ini umumnya timbul di sekitar area pipi dan hidung. Hal ini dapat disebabkan oleh pigmentasi kulit yang berlebihan (hiperpigmentasi) akibat kulit terlalu banyak memproduksi melanin. Biasanya karena paparan sinar matahari, iritasi, penuaan, dan lainnya.

Meski cenderung tak berbahaya, munculnya bintik hitam ini sering kali mengganggu penampilan dan bikin kamu kurang percaya diri. Untuk mengatasinya, yuk kenali beberapa rekomendasi bahan aktif serum pencerah wajah seperti dikutip dari medicalnewstoday dan self.com berikut yang bisa bantu kamu pudarkan bintik hitam di wajah.

1. Hydroquinone

Bahan aktif yang satu ini telah puluhan tahun dikenal mampu merawat bintik hitam di wajah. Hydroquinone bekerja dengan menghambat enzim tirosinase yang membantu produksi melanin, penyebab hiperpigmentasi.

Pakar menyarankan penggunaan Hydroquinone secara hemat di area munculnya bintik hitam saja. Sebab bahan ini mengandung efek samping potensial yang justru bisa mencerahkan kulit tanpa sengaja di luar area yang ditargetkan.

2. Kojic Acid (Asam Kojic)

Kojic acid berasal merupakan bahan aktif yang berasal dari jamur atau beras yang difermentasi. Bahan ini biasanya digunakan dalam produk pencerah kulit dan bisa memberi hasil maksimal ketika digunakan bersama Hydroquinone.

Kojic acid bermanfaat menekan faktor kunci dalam aktivitas sel pigmen, sehingga bintik wajah dapat diatasi. Namun, penggunaan bahan yang satu ini pun perlu diperhatikan oleh pemilik kulit sensitif untuk menghindari efek samping berupa iritasi atau peradangan. Kamu pun harus cukup bersabar karena hasil perbaikan hiperpigmentasi dari penggunaan bahan ini membutuhkan waktu beberapa bulan.

3. Retinoid

Bahan yang satu ini mungkin sering kamu temukan di deretan skincare incaranmu, tapi tahukah kalau sebenarnya retinoid merupakan turunan dari vitamin A? Bahan ini berfungsi meningkatkan pergantian sel-sel kulit baru yang dapat membantu memudarkan bintik gelap dari waktu ke waktu.

Namun penggunaan retinoid memiliki kondisi khusus, salah satunya dilarang untuk ibu hamil karena kandungan vitamin A di dalamnya dapat menyebabkan anomali kelahiran. Retinoid juga meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV, sehingga penting untuk menggunakan SPF yang aman di wajah setiap hari saat menggunakan bahan aktif ini.

4. Vitamin C

Vitamin C memang bermanfaat untuk mengurangi bintik hitam, tapi bukan berarti kamu bisa mengoleskan jus/ekstrak jeruk dengan asal langsung ke kulit wajahmu ya! Bahan aktif berupa vitamin C yang telah teruji klinis biasanya digunakan sebagai antioksidan topikal yang membantu blokir radikal bebas. Radikal bebas ini bisa menyebabkan kerusakan oksidatif pada kulit, hingga memunculkan kerutan, kulit kusam, serta bintik gelap di wajah.

Vitamin C juga bisa bantu mencerahkan area pigmentasi yang bermasalah sesuai targetnya, sehingga bagian kulit lainnya tidak ikut terdampak bahan ini. Pakar menyarankan untuk mengaplikasikan sunscreen terlebih dahulu sebelum menggunakan skincare berbahan aktif vitamin C di pagi hari.

5. Symwhite 377

Selain dengan menggunakan keempat bahan di atas, kamu juga bisa menggunakan kandungan Symwhite 377 yang ada di produk Y.O.U Skin Energy Brighten Facial Serum untuk mengatasi masalah bintik hitam di wajah yang mengganggu penampilan.

Bahan aktif yang satu ini diketahui mampu membantu meratakan sekaligus mencerahkan warna kulit, sehingga kamu dapat memudarkan bintik hitam di wajah. Ia berfungsi menghambat pergerakan enzim Tirosinase yang menjadi salah satu penyebab pembentukan pigmen gelap di kulit.

Tak hanya itu, Symwhite 377 juga dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas karena sifatnya sebagai antioksidan. Bahan ini juga diketahui aman dan cocok untuk semua tipe kulit serta rendah risiko iritasi.

Y.O.UFoto: Y.O.U

Dengan perawatan tepat dari serum pencerah wajah ini, kamu tak lagi perlu khawatir saat ingin memudarkan dark spot alias bintik hitam. Tak hanya mengandung hero ingredients berupa Symwhite 377, serum ini juga memadukan kandungan Mandarin Clear (Tangerine), serta niacinamide untuk buat kulit wajah lebih cerah berseri. Kandungan niacinamide di dalamnya juga akan membantu atasi masalah pigmentasi kulit dan memberi hasil maksimal dalam mencerahkan kulit.

Brightening serum ini memiliki tekstur yang ringan, sehingga mampu meresap cepat ke dalam kulit. Jadi, kamu nggak perlu lagi khawatir kesulitan memudarkan bintik hitam di wajah dengan Y.O.U Skin Energy Brighten Facial Serum.



Simak Video "Korea Utara Rilis Foto-Foto Terbaru Putri Kim Jong Un"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)