ADVERTISEMENT

Catat! 5 Kandungan Serum Wajah yang Bantu Atasi Hiperpigmentasi

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Selasa, 05 Apr 2022 12:50 WIB
Mencerahkan wajah Foto: Shutterstock
Jakarta -

Nama niacinamide sudah tidak asing di telinga wanita. Bahan aktif ini cukup populer dalam produk serum wajah, karena dapat membuat kulit wajah terlihat lebih cerah.

Selain itu, niacinamide juga dinilai efektif mengatasi masalah hiperpigmentasi yang membuat kulit terlihat kusam. Mengutip Insider, hiperpigmentasi merujuk pada kondisi area wajah yang lebih gelap dari area sekitarnya. Umumnya, kondisi ini muncul karena produksi melanin berlebih. Adapun melanin merupakan pigmen yang memberikan warna pada kulit.

Namun kamu perlu tahu, selain niacinamide ternyata ada kandungan serum pencerah wajah terbaik lain yang juga ampuh untuk menyamarkan masalah pigmentasi pada kulit. Apa saja? Yuk simak!

1. Vitamin C

Vitamin yang identik dengan buah jeruk ini rupanya dapat mengurangi serta mencegah hiperpigmentasi pada kulit wajah. Dermatologist asal Miami, Florida, Heather Woolery-Lloyd mengatakan vitamin C bekerja dengan menghambat kerja enzim tirosinase.

Diketahui, enzim ini yang bertugas untuk memproduksi melanin. Sehingga penggunaan skincare dengan kandungan vitamin C cukup dianjurkan bagi yang mengalami masalah pigmentasi berlebihan. Sementara, kandungan antioksidannya dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan polusi udara.

2. Kojic Acid

Kojic acid juga kerap digunakan dalam skincare untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi. Cara kerjanya serupa dengan vitamin C, yakni menghambat enzim tirosinase yang memicu produksi melanin.

Buat kamu yang belum familiar, kojic acid atau asam kojic merupakan senyawa hasil fermentasi dari proses pembuatan sake. Selain ampuh mengatasi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit, kojic acid juga bersifat antioksidan yang dipercaya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

3. Retinol

Retinol cukup populer di kalangan beauty enthusiast. Kandungan ini merupakan bentuk dari vitamin A dan bekerja optimal dalam melawan hiperpigmentasi. Retinol bekerja pada kulit dengan cara merangsang pergantian sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Bonusnya, Retinol juga bisa sebagai anti-aging. Namun, hasilnya mungkin baru akan terlihat setelah beberapa bulan sejak penggunaan skincare dengan kandungan bahan aktif retinol.

4. Azelaic Acid

Pernahkah kamu mendengar tentang azelaic acid? Bahan aktif asam alami ini banyak terdapat dalam barley dan biji gandum. Azelaic acid terkenal akan kemampuannya dalam mengeksfoliasi kulit.

Tidak hanya itu saja, azelaic acid juga berfungsi untuk meredakan berbagai macam masalah pada kulit wajah, mulai dari jerawat sampai hiperpigmentasi. Karena sifatnya yang cukup mild ketimbang senyawa asam lainnya, azelaic acid aman digunakan untuk ibu hamil maupun kamu yang memiliki kulit sensitif.

5. SymWhite 377

Selain Niacinamide dan Kojic Acid, belakangan muncul bahan aktif baru yang ngetren di dunia per-skincare-an. Dia adalah Phenylethyl Resorcinol atau SymWhite 377. Keberadaan Symwhite 377 disebut bakal menjadi the next generation dari niacinamide. Hal ini karena SymWhite 377 memiliki tingkat efikasi yang melampaui bahan pencerah pada skincare lainnya.

SymWhite 377 merupakan molekul kristal putih yang berasal dari pohon pinus dan telah teruji klinis aman untuk kulit. Adapun fungsi utamanya yaitu untuk mencerahkan dan mengurangi noda gelap pada kulit wajah akibat hiperpigmentasi.

Serum pencerah wajah Y.O.USerum pencerah wajah Y.O.U Foto: dok. Y.O.U


Selain itu, SymWhite 377 juga memiliki sifat antioksidan yang kuat. Seperti yang kamu tahu, penggunaan skincare dengan kandungan antioksidan tidak hanya dapat melindungi kulit dari polusi, melainkan juga dapat memperlambat penuaan dini dan membuat wajah terlihat lebih awet muda.

Manfaat SymWhite 377 bisa kamu dapatkan dalam Y.O.U Skin Energy Brighten Facial Serum. Brightening serum ini juga dilengkapi dengan niacinamide. Ada pula kandungan bahan alami, yakni Mandarin Clear (Tangerine) yang bekerja efektif untuk membuat kulit wajah terlihat cerah merona.

Produk unggulan dari seri Y.O.U Skin Energy Facial Serum ini juga memiliki tekstur ringan yang cepat meresap ke kulit. Jadi, tidak meninggalkan residu serta kesan berat di wajah saat diaplikasikan. Kamu pun bisa dengan mudah memadupadankannya dengan produk lain dalam rangkaian skincare routine harian.



Simak Video "KuTips: Mengolah Sampah Skincare"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/eny)