ADVERTISEMENT

7 Urutan Skincare Pagi Cuma 5 Menit Menurut Dermatolog, Bikin Wajah Cerah

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 18 Mar 2022 10:15 WIB
Rear-view shot of a beautiful Indonesian woman washing her face using beauty cleanser soap. Shes looking at her reflection in the mirror while thoroughly rubbing her face. Urutan skincare pagi. Foto: Getty Images/Kanawa_Studio
Jakarta -

Perawatan kulit bukan hanya perlu dilakukan saat malam hari. Skincare pagi juga sama pentingnya di tengah rutinitas yang padat. Apa saja urutan skincare pagi yang tepat menurut ahli?

Skincare malam hari bertujuan untuk mengatasi masalah kulit sebelum proses regeneratif tidur dimulai. Tetapi, perawatan kulit pagi hari adalah tentang perlindungan dan menjaga kulit awet muda.

Mungkin kamu tak mempunyai banyak waktu untuk melakukan serangkaian urutan skincare pagi, karena harus bekerja. Tak perlu khawatir, menurut dermatolog, ada tujuh urutan skincare pagi yang bisa dilakukan dengan waktu hanya lima menit.

Berikut ini urutan skincare pagi yang benar menuju wajah cerah dan glowing:

Urutan 1: Cleanser

Urutan skincare pagi yang pertama adalah membersihkan wajah dengan cleanser. Pembersih pH rendah dalam rutinitas skincare pagi membantu membersihkan secara mendalam tanpa menyebabkan kemerahan.

Bikin cleanser menjadi busa dengan sedikit air dan biarkan sebagai masker di kulit selama beberapa menit, jika tak punya waktu kamu bisa menggunakannya sambil menyikat gigi. Bilas dengan air dingin. Tekan kain lap bersih ke kulit hingga kering, jangan digosok agar tidak menyebabkan kemerahan atau iritasi ekstra.

Urutan 2: Toner

Toner adalah urutan skincare pagi yang kedua dan berperan penting. Toner yang baik menyeimbangkan pH kulit dan dimaksudkan untuk menghidrasi. Tuang beberapa tetes toner di sekitar wajah dan tekan, baik dengan jari atau kapas.

Urutan 3: Serum

Langkah selanjutnya dalam rutinitas perawatan kulit pagi adalah pemakaian serum. Wajahmu menghadapi banyak 'agen' yang ingin merusaknya sepanjang hari: asap knalpot dari bus kota, layar ponsel yang kotor, kadar kortisol, panggilan konfrensi,dll. Penggunaan serum ini berfungsi untuk melindungi wajah dari hal tersebut

Serum memastikan bahwa tidak satu pun dari penyebab stres itu hidup selamanya sebagai garis halus di antara alis. Serum juga menjaga kulit cerah dan kencang lebih lama.

Urutan 4: Krim Mata

Melembabkan mata di pagi hari akan membuat kamu terlihat lebih terjaga dan membantu riasan lebih baik jika kamu memakainya. Pilih formula yang lebih tipis di pagi hari; itu akan menyerap lebih cepat dan membuat riasan bertahan lebih lama sepanjang hari.

Urutan 5: Moisturizer

Pemakaian moisturizer atau pelembab merupakan urutan skincare pagi yang tak boleh dilewatkan. Moisturizer berperan untuk menghidrasi kulit.

Urutan 6: Perawatan Jerawat

Kamu hanya perlu menggunakan perawatan spot pada jerawat aktif, atau bekas jerawat. Menurut Loretta Ciraldo, M.D., dokter kulit dan pendiri Dr. Loretta Skincare. Kamu harus merawat noda bekas jerawat setelah mengoleskan pelembab, bukan sebelumnya.

"Ini membantu memastikan produk tetap berada di atas jerawat, dan tidak mengenai seluruh wajahmu. Jika kamu menggunakan asam kuat dan kemudian mengoleskan pelembab ke seluruh wajah, kamu berisiko terkena produk di area yang lebih sensitif. Kamu juga akan melemahkan keefektifannya," kata Loretta seperti dikutip dari Glamour.

Urutan 7: Sunscreen

Jika kamu hanya punya waktu untuk satu produk perawatan kulit setiap pagi, sebaiknya gunakan sunscreen atau tabir surya. Perlindungan matahari harian sama pentingnya dengan air minum. Jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukannya.

Itulah urutan skincare pagi yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Urutan skincare pagi yang tepat ini tentu akan membuat kulit wajah lebih sehat dan cerah jika rutin dilakukan.



Simak Video "KuTips: Mengolah Sampah Skincare"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
e-Life
×
Sumbu Pendek Picu Kriminalitas
'Sumbu Pendek' Picu Kriminalitas Selengkapnya