6 Urutan Skincare Pagi yang Tepat dan Simple untuk Segala Jenis Kulit

Vina Oktiani - wolipop Minggu, 31 Jan 2021 10:00 WIB
Ilustrasi skincare Ilustrasi Urutan Skincare Pagi / Foto: Getty Images/iStockphoto/VLG
Jakarta -

Urutan skincare pagi di bawah ini bisa menjadi salah satu pedoman bagi kamu yang masih bingung. Karena jika kamu salah mengurutkan pemakaian skincaremu, maka produk yang kamu pakai tidak akan bekerja maksimal di kulit. Kamu pasti tidak menginginkan hal itu bukan?

Berbeda dengan urutan skincare malam, biasanya urutan skincare pagi cenderung lebih simple. Agar tidak salah mengurutkan produk skincare yang kamu gunakan, maka kamu perlu tahu bagaimana urutan skincare pagi yang tepat. Berikut ini 6 urutan skincare pagi yang tepat dan simple untuk segala jenis kulit.

Urutan Skincare Pagi

1. Pembersih Wajah

Langkah pertama dalam urutan skincare pagi adalah dengan membersihkan kulit wajahmu terlebih dahulu. Pilihlah produk pembersih wajah yang ringan dan tidak membuat kulit wajahmu merasa kering atau tertarik. Membersihkan wajah di pagi hari bertujuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk saat kamu tidur. Terlebih jika pada malam hari kamu sudah menggunakan skincare, maka kamu perlu membersihkannya di pagi hari sebelum kembali menggunakan skincare pagi harimu.

2. Toner

Setelah memastikan kulit wajah sudah bersih, urutan skincare pagi selanjutnya adalah toner. Toner berfungsi untuk mengembalikan pH kulit yang hilang saat proses mencuci wajah dengan sabun. Selain itu, toner juga bisa membantu menyiapkan kulit sebelum menggunakan produk skincare lainnya, seperti serum dan pelembap. Pilihlah toner yang sesuai dengan jenis dan keadaan kulit wajahmu.

3. Essence

Langkah ketiga dalam urutan skincare pagi yang selanjutnya adalah penggunaan essence. Essence sendiri memiliki kandungan bahan aktif yang cukup tinggi, namun tidak setinggi serum. Biasanya tekstur essence lebih cair dibandingkan dengan serum. Cara menggunakan essence hampir sama seperti menggunakan serum. Kamu hanya perlu menuangkan beberapa tetes ke telapak tangan lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah dengan cara menepuk-nepukannya secara perlahan.

4. Serum

Serum wajah memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan essence. Serum biasanya digunakan setelah essence. Tapi jika kamu tidak menggunakan essence, maka kamu bisa menggunakan serum setelah toner. Tekstur serum yang ringan membuatnya lebih efisien untuk diserap kulit. Serum sangat membantu untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah seperti jerawat, kulit kering, hingga penuaan dini.

5. Pelembap

Untuk menjaga kelembapan kulit, kamu bisa mengaplikasikan pelembap sebagai langkah selanjutnya dari urutan skincare pagi mu. Pelembap juga bisa membantu untuk membuat kulitmu menjadi lebih halus. Pilihlah pelembap yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulitmu. Untuk pemilik kulit wajah berminyak, kamu bisa menggunakan pelembap bertekstur cair atau gel, sedangkan pemilik kulit kering atau normal bisa memilih pelembap dengan tekstur krim.

6. Tabir Surya

Langkah terakhir dari urutan skincare pagi yang tidak boleh dilupakan adalah penggunaan tabir surya. Tabir surya dapat membantu melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari. Rutin menggunakan tabir surya dapat mencegah kulit wajah dari penuaan dini. Disarankan untuk memilih tabir surya dengan SPF minimal 30. Pastikan juga bahwa kamu mengoleskan tabir surya 15 sampai 20 menit sebelum pergi ke luar rumah. Dengan demikian, tabir surya yang kamu gunakan bisa meresap lebih baik dan beerja lebih efektif untuk melindungi kulit wajah.

Itulah 6 urutan skincare pagi yang tepat dan cocok bagi para pemula. Semoga dengan membaca artikel ini kamu menjadi tidak bingung lagi mengurutkan produk skincare yang akan kamu pakai di pagi hari.

(vio/vio)