Urutan Skincare Pagi dan Malam yang Tepat Untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 13 Okt 2020 19:00 WIB
Ilustrasi skincare Ilustrasi Penggunaan Skincare / Foto: Getty Images/iStockphoto/VLG
Jakarta -

Beberapa orang, khususnya para pemula seringkali merasa bingung dengan urutan skincare yang tepat untuk pagi dan malam hari. Mungkin saja skincare-skincare yang kamu gunakan selama ini tidak bekerja secara maksimal karena kamu salah mengurutkannya. Agar skincare yang kamu gunakan bisa bekerja dengan efektif, berikut ini urutannya.

Urutan skincare yang tepat pada pagi hari

1. Produk Cleanser

Sebelum memulai urutan skincaremu pastikan terlebih dahulu jika kulit wajahmu sudah bersih. Kamu bisa menggunakan teknik double cleansing untuk membersihkan kulit wajah agar lebih maksimal. Pertama, gunakan micellar water atau cleansing oil terlebih dahulu untuk menghapus makeup, lalu setelahnya lanjutkan dengan menggunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

2. Toner

Urutan skincare yang selanjutnya adalah dengan menggunakan toner. Toner dapat membantu membersihkan makeup atau mengangkat minyak. Dulunya toner dikenal dapat membuat kulit wajah lebih kering karena kandungan alkohol di dalamnya. Namun kini produk tersebut telah berubah menjadi lebih memiliki fungsi sebagai perawatan kulit untuk melembapkan dan mepersiapkan kulit untuk pakai skincare setelahnya. Toner penting dipakai karena berguna untuk mengembalikan pH kulit setelah mencuci wajah dengan air dan sabun.

3. Essence

Essence adalah cairan berbahan dasar air yang memiliki kosentrasi bahan aktif yang tinggi. Essence berfungsi untuk melembapkan kulit dan membantu produk skincare setelahnya agar bisa bekerja lebih efektif. Selain itu essence juga dapat membantu menenangkan dan menutrisi kulit serta mencegah penuaan.

4. Serum

Serum mengandung konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi ketimbang pelembap. Teksturnya cenderung lebih ringan dan cair serta cepat terserap kulit. Produk serum akan lebih efektif jika digunakan sebelum pelembap. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan menuangkan dua sampai tiga tetes serum ke telapak tangan, lalu gosokkan kedua telapak agar suhunya lebih hangat. Trik itu dipercaya dapat membuat serum lebih mudah terserap ke dalam kulit. Setelahnya tepuk-tepukkan pada kulit wajah.

5. Pelembap

Untuk menjaga kelembapan kulit wajah, kamu perlu menggunakan pelembap atau moisturizer. Bagi pemilik kulit normal ke kering, kamu bisa menggunakan pelembap bertekstur krim. Sedangkan bagi pemilik kulit berminyak, kamu bisa memilih pelembap bertekstur cair atau gel. Pelembap atau moisturizer akan membantu mengunci kelembapan dan formula serum pada wajah.

6. Tabir Surya

Urutan skincare pagi hari yang terakhir adalah dengan menggunakan tabir surya. Tabir surya atau sunscreen sangat penting digunakan untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV. Pastikan produk tabir surya yang kamu pilih tidak hanya mengandung SPF, tetapi juga PA. PA sangat penting untuk melindungi kulit dari UVA. Oleskan tabir surya 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah.

Urutan skincare yang tepat pada malam hari

1. Makeup Remover

Setelah seharian beraktivitas, terutama jika kamu menggunakan makeup maka teknik double cleansing sangat penting untuk dilakukan. Gunakan produk makeup remover untuk mengangkat debu, kotoran, dan makeup pada wajahmu. Kamu bisa menggunakan produk makeup remover yang berbahan dasar air atau minyak.

2. Sabun Pencuci Wajah

Setelah menggunakan makeup remover, kamu perlu mencuci wajah dengan sabun pencuci wajah. Hal ini untuk memastikan bahwa kulit wajah sudah benar-benar terbebas dari makeup, minyak, dan kotoran. Pilihlah sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

3. Produk Eksfoliasi

Urutan skincare malam hari yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan produk eksfoliasi. Produk ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Namun kamu tidak perlu menggunakannya setiap hari. Cukup satu sampai dua kali seminggu saja.

4. Toner

Setelah menggunakan produk eksfoliasi dan membilasnya dengan bersih, kamu bisa melanjutkannya dengan mengguanakan toner. Toner akan membantu untuk menyeimbangkan kembali pH kulit wajahmu. Pilihlah toner yang mengandung bahan-bahan yang bisa melembapkan, seperti asam laktat, asam hialuronat, dan gliserin.

5. Essence dan Serum Wajah

Sama seperti urutan skincare di pagi hari, selanjutnya kamu bisa menggunakan essence dan serum. Baik serum maupun essence keduanya sama-sama memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melembapkan dan menghaluskan kulit wajah.

6. Krim Malam dan Sleeping Mask

Sebagai pengganti pelembap, kamu bisa menggunakan krim malam dan sleeping mask untuk malam hari. Biasanya krim malam lebih ditijukan untuk memperbaiki kulit di saat kamu tidur. Selain itu, wajahmu juga akan senantiasa terlembapkan setelah menggunakan kedua produk tersebut.

7. Eye Cream

Urutan skincare yang selanjutnya adalah dengan menggunakan eye cream atau krim mata. Produk tersebut dapat membantu mengurangi mata panda, kantung mata, serta kerutan di area mata. Kamu bisa memilih eye cream yangg mengandung konsentrasi tinggi seperti antioksidan dan peptida.

(vio/vio)