13 Tips Perawatan Rambut Rontok Anti Ribet

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 13 Okt 2021 12:45 WIB
Perawatan rambut rontok. Foto: Getty Images/iStockphoto/triocean Perawatan rambut rontok. Foto: Getty Images/iStockphoto/triocean

8. Gaya Rambut

Hindari membuat gaya rambut kepang ketat atau kuncir kuda yang dapat menarik rambut hingga ke akar dan berpotensi menyebabkan kerontokan rambut yang berlebihan. Penata rambut panas, seperti alat pengeriting atau pelurus rambut, juga dapat merusak atau mematahkan batang rambut.

Perawatan kimia, seperti pengeritingan atau pewarnaan rambut, juga dapat merusak rambut dan kulit kepala. Tanyakan kepada penata rambut tentang alternatif, seperti pewarna rambut organik dan lainnya yang tidak mengandung amonia, peroksida, atau para-phenylenediamine (PPD).

9. Perawatan Rambut Rontok dengan Terapi laser

Laser tingkat rendah dapat digunakan sebagai perawatan rambut rontok untuk membantu meningkatkan kepadatan rambut untuk orang dengan kerontokan rambut genetik dan kerontokan karena kemoterapi. Pilihan ini juga disebut 'terapi lampu merah', dan dapat bekerja dengan merangsang sel induk epidermis.

10. Minyak atsiri

Minyak atsiri dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Sebuah studi tahun 1998 membagi 86 orang dengan alopecia areata menjadi dua kelompok, salah satunya minyak kayu cedar yang dicampur dengan lavender dan rosemary ke kulit kepala mereka. Setelah tujuh bulan, 43 persen dari kelompok itu menunjukkan peningkatan rambut.

Minyak esensial lain yang perlu dipertimbangkan termasuk lavender, serai, dan peppermint. Coba campurkan beberapa tetes salah satu atau semua minyak ini dengan beberapa sendok makan minyak pembawa, seperti jojoba atau biji anggur, dan oleskan ke kulit kepala selama 10 menit sebelum dicuci.

11. Perawatan Rambut Rontok dengan Jus Bawang

Orang dengan alopecia areata mungkin melihat pertumbuhan kembali setelah mengoleskan jus bawang mentah ke kulit kepala mereka dua kali sehari. Sementara penelitian tentang perawatan ini terbatas, jus bawang tampaknya meningkatkan pertumbuhan hampir 87 persen peserta dalam sebuah studi kecil tahun 2014. Bagaimana cara kerjanya? Para ilmuwan percaya keajaiban terletak pada kandungan belerang bawang.

12. Pijat

Memijat kulit kepala tentu terasa enak, tetapi bisakah itu membantu mengatasi rambut rontok? Satu studi kecil tahun 2016 menunjukkan peserta melihat hasil dengan pijatan empat menit sehari selama 24 minggu. Hasilnya memijat kulit kepala bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif perawatan rambut rontok.

13. Yoga

Rambut rontok yang disebabkan oleh stres dapat merespon yoga dengan baik. Cobalah pose yoga penghilang stres ini untuk mencegah dan memperlambat kerontokan rambut: Downward Facing Dog, Forward Bend, Camel Pose, Shoulder Stand, Fish Pose, and Kneeling Pose. Kamu dapat menemukan pose-pose ini secara gratis di YouTube.

Kerontokan rambut sebenarnya merupakan hal umum bagi orang untuk kehilangan sekitar 100 helai rambut sehari. Namun, jika kamu mengalami kerontokan yang lebih atau penipisan rambut secara keseluruhan, perlu untuk melakukan perawatan rambut rontok untuk mencegah kebotakan.

Pertimbangkan untuk membuat janji bertemu dokter jika kamu mengalami kerontokan rambut yang tiba-tiba atau ekstrem. Beberapa kondisi, seperti masalah tiroid, mungkin tidak merespons pengobatan rumahan dan memerlukan pengobatan penyebab yang mendasarinya.

Juga perlu diingat bahwa perawatan rambut rontok apa pun yang kamu gunakan dapat memakan waktu mulai dari enam bulan hingga satu tahun untuk menunjukkan perbaikan pada area di mana kerontokan rambut telah terjadi.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(eny/eny)