6 Cara Perawatan Rambut Rontok yang Parah

Lukita Wardhani - wolipop Senin, 19 Jul 2021 10:30 WIB
rambut rontok Cara perawatan rambut rontok. Foto: shutterstock
Jakarta -

Rambut rontok disebabkan oleh banyak hal, bisa tidak cocok dengan shampo, treatment ataupun produk yang dipakai untuk rambut. Bagaimana cara perawatan rambut rontok?

Pada dasarnya konsultasi dengan dokter adalah jalan terbaik jika kamu sudah mengalami kerontokan yang terlalu parah. Namun jika kerontokan rambut kamu belum mengganggu, bisa mencoba melakukan perawatan rambut rontok.

Jangan langsung panik jika kamu mendapati rambutmu banyak yang rontok. Seperti dilansir Mane 'N Tail, dalam sehari, rata-rata rambut rontok 50-150 helai per hari. Jika kamu merasa rontoknya semakin parah setiap hari, mulai lakukan perawatan rambut rontok.

Berikut beberapa cara perawatan rambut rontok:


1. Ganti Produk Perawatan Rambut

Seperti yang diketahui, terkadang rambut rontok dapat disebabkan karena produk perawatan yang tidak cocok. Mengubah atau mengganti produk perawatan rambut bisa kamu lakukan misalnya mengganti shampo atau berhenti melakukan perawatan yang keras untuk rambut seperti mencatok, mewarnai atau lainnya.

2. Memakai Minoxidil

Seperti dikutip aad.org, minoxidil merupakan salah satu obat untuk mengurangi kerontokan rambut. Namun biasaya minoxidil cenderung lebih efektif bila digunakan bersama dengan pengobatan lain untuk rambut rontok. Banyak orang yang telah membuktikan dengan menggunakan minoxidil selama 3 sampai 6 bulan rambutnya bertumbuh kembali. Cara menggunakannya cukup mengoleskan minoxidil ke kulit kepala biasanya digunakan sekali atau dua kali sehari.

Namun penggunaan minoxidil ini juga tidak selalu cocok untuk semua orang. Ada yang setelah berhenti memakai minoxidil, rambut kembali rontok. Tak ada salahnya berkonsultasi pada dokter sebelum mencobanya.



3. Memakai Sisir Laser



Alat ini dapat membantu kamu mengurangi kerontokan rambut, seperti dikutip dari AAD (American Academy of Dermatology Associaton) dalah sebuah penelitian, lebih dari 200 pria dan wanita yang mengalami kerontokan rambut herediter kemudian diberikan sisir rambut laser atau perangkat palsu yang terlihat seperti sisir laser. Mereka menggunakannya selama tiga kali seminggu dalam kurun waktu 26 minggu.

Para peneliti menemukan mereka yang menggunakan 'sisir' laser merasakan efek rambut menjadi lebih tebal dan lebih penuh. Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak semua orang yang menggunakan 'sisir' laser merasakan pertumbuhan rambut.

4. Perawatan Rambut Rontok Berlebihan dengan Transplantasi Rambut

Transplantasi rambut biasa dilakukan oleh sebagian orang untuk mendapatkan hasil yang pasti. Transplantasi rambut adalah prosedur pembedahan yang digunakan untuk mengatasi kebotakan atau kerontokan rambut sangat parah.

Dilansir dari Healthline, teknik ini dilakukan dengan mengambil rambut dari area kepala atau bagian tubuh lain yang lebat rambutnya, lalu menanamnya di bagian kulit kepala yang bermasalah.



5. Mengonsumsi Vitamin, Mineral, dan Suplemen



Mengkonsumsi vitamin, mineral dan suplemen juga bisa membantu mengurangi kerontokan rambut. Namun untuk pilihan vitamin dan suplemen kamu bisa konsultasi ke dokter terlebih dahulu agar lebih aman.

6. Perawatan Rambut Rontok dengan Akupunktur



Akupunktur adalah salah satu pengobatan tradisional Tiongkok yang telah dipraktekkan selama ribuan tahun. Beberapa peneliti percaya bahwa akupunktur dapat membantu mengatasi rambut rontok akibat alopecia areata. Karena Jarum yang dimasukkan ke kulit kepala dapat membantu merangsang folikel rambut dan mendorong pertumbuhan kembali rambut.

Itulah enam cara perawatan rambut rontok baik kamu yang mengalami kerontokan sedang hingga berat. Selamat mencoba.



Simak Video "Temuan Kepolisian soal Skandal yang Jerat Kris Wu"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)