11 Tips Skincare untuk Mencerahkan Kulit, Wajah Kusam Jadi Glowing

Tanaya Shella Julyana - wolipop Rabu, 24 Mar 2021 15:01 WIB
Tips skincare untuk mencerahkan kulit. Foto: Getty Images/iStockphoto/Lordn Tips skincare untuk mencerahkan kulit. Foto: Getty Images/iStockphoto/Lordn
Jakarta -

Kulit yang sehat akan memancarkan kilau alaminya. Tetapi gaya hidup dan pertambahan usia bisa menyebabkan kilau alami kulit yang sehat menjadi memudar. Gaya hidup itu di antaranya kurang tidur, stres, pola makan, dan kurang olahraga.

Kabar baiknya kamu tetap dapat mengubah kulit yang terlihat kusam dan lelah menjadi bercahaya dengan rutin melakukan perawatan kulit alias skincare di rumah. Skincare untuk mencerahkan kulit ini diberikan oleh para pakar dan mudah dicoba. Selama kamu melakukannya dengan konsisten, kilau alami kulit pun bisa didapatkan.

Berikut tips skincare untuk mencerahkan kulit:

1. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Kunci untuk kulit bercahaya adalah membersihkan wajah dengan membuang kotoran, minyak, dan partikel polusi secara menyeluruh yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam. Pakar Good Housekeeping Beauty Lab, Sabina Wizemann menyarankan cuci wajah pada pagi dan malam hari menggunakan pembersih wajah. Saat membersihkan wajah lakukan pijatan dengan gerakan melingkar dari dalam hingga ke luar.

Young Asian Woman Washing Her FaceTips skincare untuk mencerahkan kulit Foto: iStock

Agar aktivitas membersihkan wajah ini semakin maksimal, tidak ada salahnya setiap seminggu sekali kamu melakukan deep cleansing. Gunakan brush atau sikat wajah untuk membersihkan wajah lebih mendalam ini.

2. Eksfoliasi Kulit

"Salah satu cara terbaik untuk mencerahkan kulit baik secara langsung maupun jangka panjang adalah dengan pengelupasan kulit," kata Wizemann.

Namun berdasarkan riset yang dilakukan Good Housekeeping Beauty Lab, hampir 50% responden mereka melewatkan tahapan eksfoliasi kulit ini. Padahal proses eksfoliasi memiliki manfaat tersendiri. "Proses ini menghilangkan lapisan luar sel kulit mati sehingga permukaannya akan lebih halus dan membuat kulit lebih berkilau," ujar Wizemann.

Eksfoliasi kulit bisa dilakukan dua hingga tiga minggu sekali dengan face scrub. Bisa juga dengan melakukan chemical peeling setiap satu minggu sekali. Jika kulit kamu sensitif lakukan eksfoliasi kulit ini, setiap satu kali saja dalam seminggu. Sementara untuk jenis kulit lainnya, lakukan maksimal tiga minggu sekali.

3. Hidrasi dan Lindungi Kulit

Memakai pelembab merupakan salah satu tips skincare untuk mencerahkan kulit yang tidak boleh dilewatkan. Ketika kulit tidak kering secara otomatis akan membuat wajah tampak lebih bercahaya.

Ilustrasi skincare yang aman untuk ibu hamilSkincare untuk mencerahkan kulit. Foto: Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudios

Selain itu, pastikan untuk melindungi kulit dengan tabir surya SPF 30+. Tabir surya penting karena ekfoliasi kulit membuat wajah lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari, termasuk bintik hitam.

4. Pakai Skincare dengan Kandungan yang Mencerahkan

Tips skincare untuk mencerahkan kulit, kamu bisa memakai produk yang memiliki kandungan pencerah seperti vitamin C dan B3. Berikut kandungan dalam skincare yang bisa mencerahkan:

- Vitamin C: antioksidan yang mencerahkan kulit dengan memblokir enzim yang menghasilkan pigmen.

- Niacinamide (Vitamin B3): memperlambat produksi pigmen untuk mencerahkan bintik-bintik gelap.

- Resorcinol dan Alpha-arbutin. Menurut dokter kulit Cynthia Price, M.D., alpha-arbutin bermanfaat untuk memecah pigmen sehingga warna kulit lebih merata.

Penggunaan skincare dengan kandungan pencerah ini jika digunakan setiap hari dapat mencerahkan kulit dari waktu ke waktu. Efeknya dapat terlihat dalam beberapa minggu dan terlihat optimal dalam waktu sekitar tiga bulan.

5. Melembabkan Kulit Secara Teratur

Jangan gunakan pelembab sesekali atau saat kulit terasa kering saja. "Kurangnya hidrasi membuat kulit kusam dan bahkan menonjolkan kerutan," kata Jeanine Downie, M.D., dokter kulit di Image Dermatology di Montclair, New Jersey. Jeanie pun menyarankan menggunakan pelembab pada pagi dan malam hari untuk membuat kulit tetap terhidrasi.

Pelembab seperti apa yang sebaiknya dipakai? "Pengujian kami menunjukkan bahwa pelembab bentuk lotion dan krim wajah secara umum lebih menghidrasi daripada minyak, serum, dan formula lainnya," jelas Direktur GH Beauty Lab Birnur Aral, Ph.D. "Mereka adalah emulsi (campuran komponen minyak dan air) yang membawa kandungan pelembab ke lapisan atas kulit, membantunya menahan kelembapan," tambahnya.

6. Gunakan Masker Wajah

Beautiful young woman sitting in bathtub with sheet mask on face. Close up portrait of pretty girl in bath towel on head and doing beauty treatment. Home bathroom interior. Spa procedure. SkincareSkincare untuk mencerahkan kulit. Foto: Getty Images/iStockphoto/deniskomarov

Tips skincare untuk mencerahkan kulit berikutnya adalah memakai masker wajah. Untuk mendapatkan mengencangkan dan membuat kulit berkilau secara instan saat kulit terasa lelah atau sebelum acara khusus, kamu bisa memakai masker wajah yang melembabkan dan biarkan meresap ke dalam kulit.

7. Buat Sendiri Masker Alami

Kamu juga bisa membuat masker wajah sendiri yang dapat mencerahkan kulit. Masker wajah dengan campuran yogurt, strawberry dan madu dapat mencerahkan dan mengecangkan pori-pori. Cara membuatnya:

Bahan-bahan:
1/2 cangkir yogurt
1/2 cangkir strawberry tumbuk
1/4 cangkir madu

Campur semua bahan menjadi satu dalam mangkuk. Oleskan ke wajah dan leher, hindari area mata. Biarkan selama lima menit, lalu bilas.

8. Pijat Wajah

Selama ini yang orang ketahui manfaat memijat wajah adalah untuk relaksasi. Nyatanya memijat wajah juga dapat membuat kulit lebih sehat berkilau. "Setiap hari, saya memijat wajah saya saat saya mencucinya, gerakan tersebut meningkatkan sirkulasi dan memberi kulit getaran alami," kata Mona Gohara, M.D., seorang dokter kulit di Yale School of Medicine di New Haven, CT. "Lakukan beberapa gerakan ke atas dan ke bawah di setiap pipi untuk melihat efeknya," tambah Mona.

Tips skincare untuk mencerahkan kulit juga perlu dilakukan perawatan dari dalam. Seperti apa? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2