Viral Curhatan Makeup Artist Ditawar Harga Rp 300 Ribuan untuk Rias Pengantin

Hestianingsih - wolipop Kamis, 18 Mar 2021 15:46 WIB
Lady is doing make up Foto: Thinkstock
Jakarta -

Curhatan seorang makeup artist viral di medi sosial. Ia menyoroti kelakuan salah satu calon klien yang menurutnya tidak menghargai profesinya.

Kenny Yee, makeup artist asal Malaysia, mengunggah tangkapan layar chat dirinya dengan calon klien tersebut di Facebook. Dalam percakapan online itu terlihat dia ingin menggunakan jasa rias wajah dan rambut untuk hari pernikahan.

Satu hal yang membuat Kenny meradang adalah harga yang ditawar sang calon klien untuk jasanya. Untuk paket rias wajah dan rambut, ia mematok bujet 100 - 200 ringgit atau sekitar Rp 350 ribu - Rp 700 ribu.

"Tolong hargai profesi makeup artist! Bahkaan cat air atau peralatan kerajinan tangan anak saja jauh lebih mahal dari RM 100. Konyol! Dia mau menyewa jasa saya tapi harganya di luar bujet (biayanya pun tidak terlalu mahal). Saya terpikir untuk merekomendasikan makeup artist lain, jadi saya tanya berapa bujetnya," tulis Kenny.

Jawaban calon klien membuat dia kesal. "Calon pengantin itu membalas, 'RM 100 sampai RM 200,'" lanjutnya.

Alasannya, karena calon klien tersebut akan menggelar pernikahan di pagi hari dan acara digelar sederhana dengan hanya enam orang yang hadir. Jadi dia berpikir skala pernikahan yang menentukan harga, bukan hasil pekerjaan makeup artist.

Curhatan makeup artist yang ditawar Rp 300 ribu untuk rias pengantin.Curhatan makeup artist yang ditawar Rp 300 ribu untuk rias pengantin. Foto: Facebook Kenny Yee

Kenny pun syok melihat jawabannya. Menurutnya harga tersebut merupakan penghinaan bagi seorang seniman, termasuk makeup artist. Pria yang sudah lama berkecimpung di dunia tata rias itu pun baru pertama kali melihat ada calon pengantin yang bujet tata rias dan rambutnya hanya ratusan ribu rupiah.

Dia akhirnya tidak mau merekomendasikan makeup artist manapun untuk merias wajahnya dan memberikan 'wejangan' agar lebih menghargai profesi apapun. Sebab makeup artist juga butuh modal besar untuk bekerja.

"Bukan soal acara kecil atau besar, tapi sikap menghargai terhadap profesi makeup artist. Seorang makeup artist harus bangun pukul 5 pagi dan berkendara ke tempat tujuan. Kamu tahu berapa biaya untuk beli beauty blender, foundation, kuas, base makeup, blush-on, dan sebagainya? Maaf maaf saja, saya tidak akan kasih nomor kontak makeup artist yang lain untuk kamu," balas Kenny.

Di akhir percakapan, Kenny mengucapkan semoga calon klien itu mengalami hari yang baik.

Sekadar informasi, tarif makeup artist pernikahan umumnya lebih tinggi ketimbang riasan untuk acara biasa misalnya kondangan, ulang tahun, wisuda atau lamaran. Sebab diperlukan teknik riasan khusus agar wajah mempelai wanita terlihat bercahaya, cantik, berbeda dari biasanya dan tahan lama.

Pengerjaan rias pengantin pun biasanya lebih lama. Perlu waktu sekitar 2-4 jam. Sebagai perbandingan, di Indonesia sendiri, tarif jasa makeup artist profesional umumnya Rp 2,5 juta ke atas untuk acara pernikahan.

(hst/hst)