5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel yang Ampuh dan Cepat

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 13 Jan 2021 16:06 WIB
asian woman look to mirror and worry about her wrinkles on forehead Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Apakah saat ini kamu sedang mengalami masalah dengan bekas jerawat yang membandel? Jika iya, beberapa cara menghilangkan bekas jerawat di bawah ini mungkin bisa kamu coba. Sebenarnya untuk menghilangkan bekas jerawat sendiri ada banyak cara, mulai dari yang alami dan bisa dilakukan sendiri sampai prosedur kecantikan yang memerlukan penanganan dokter.

Namun jika kamu memiliki bekas jerawat membandel dan ingin mengilangkannya dengan cepat maka kamu bisa memilih beberapa prosedur kecantikan di bawah ini. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas jerawat membandel ampuh dan cepat.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

1. Laser

Seperti dikutip dari Cleveland Clinic, laser dapat membantu meringankan bekas luka datar atau menonjol yang berwarna merah muda atau ungu. Prosedur kecantikan ini dapat membantu meratakan kembali tekstur dan warna ulit wajahmu. Jenis laser yang digunakan bisa beragam, tergantung dengan kondisi kulit dan bekas jerawat yang kamu miliki. Untuk hasil maksimal, biasanya dibutuhkan lebih dari satu kali perawatan.

2. Chemical Peels

Prosedur kecantikan yang satu ini akan mengakibatkan kulitmu mengelupas. Sebelumnya dokter akan mengoleskan larutan kimia ke kulitmu terlebih dahulu. Setelahnya kulit akan mengelupas dan beregenerasi menciptakan kulit baru. Kulit baru yang muncul biasanya akan lebih halus daripada kulit yang lama. Namun jika prosedur ini kurang berhasil untuk kulitmu maka kamu bisa mencoba laser.

3. Microneedling

Microneedling juga dikenal sebagai terapi induksi kolagen. Prosedur kecantikan yang satu ini melibatkan roller jarum halus atau yang berbentuk seperti pena untuk membuat lubang kecil di lapisan atas kulit. Hal itu akan merangsang produksi kolagen yang dapat membantu memperbaiki garis-garis halus dan tekstur pada kulit. Biasanya setelah prosedur ini kulit akan mengalami kemerahan selama beberapa hari.

4. Filler

Untuk beberapa bekas jerawat seperti bopeng yang cukup dalam, dokter mungkin akan menyarankanmu untuk melakukan filler. Filler biasanya berisi zat seperti kolagen, asam hialuronat, atau lemak. Prosedur yang satu ini akan membantu meratakan tekstur kulit wajahmu. Namun karena bahan-bahan yang digunakan lama-kelamaan akan diserap ke dalam kulit, maka prosedur filler biasanya akan diulang setiap beberapa bulan.

5. Dermabrasi

Seperti dikutip dari Healthline, dermabrasi merupakan salah satu teknik eksfoliasi kulit wajah. Prosedur ini menggunakan alat berputar untuk mengangkat lapisan luar kulit wajah. Perawatan kulit yang satu ini cukup popular di kalangan orang yang ingin memperbaiki kondisi kulitnya. Sebelum prosedur dermabrasi dimulai biasanya dokter atau tenaga ahli akan memberikan anastesi pada kulitmu.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat membandel dengan cepat. Namun jika kamu tidak ingin pergi ke dokter atau klinik kecantikan, maka kamu bisa mencoba cara alami yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Tapi biasanya cara tersebut akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan perawatan dokter atau klinik kecantikan.

(vio/vio)