Serba-serbi Skincare Probiotik yang Jadi Tren Kandungan Perawatan Kulit

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 22 Jan 2021 08:35 WIB
Young woman with eyes closed applying face cream. Foto: Getty Images/Aja Koska
Jakarta -

Probiotik menjadi salah satu bahan skincare yang kini tengah populer saat ini. Sejumlah brand kecantikan menginfuskan bahan probiotik dalam produk skincare mereka. Apa itu skincare probiotik?

Baru-baru ini Laneige memperkenalkan kembali produk unggulannya Water Sleeping Mask dengan menambahkan formula Probiotic Complex. Tak hanya Laneige, sejumlah skincare Korea juga menggunakan probiotik dalam kandungannya. Misalnya saja moisturizer 'Innisfree Derma Formula Green Tea Probiotics Cream' hingga essence dari Cosrx 'Galactomyces 95 Tone Balancing Essence'.

Skincare probiotik


Probiotik adalah mikroorganisme yang ada di sistem pencernaan manusia yang berupa bakteri dan jamur. Probiotik biasanya terkandung dalam makanan seperti produk susu dan turunannya. Namun kini probiotik dimanfaatkan juga untuk skincare. Probiotik yang terkandung dalam skincare adalah jenis lactobacillus.

LANEIGESkincare yang mengandung probiotik Foto: LANEIGE

Cara kerja skincare probiotik


Seperti yang kita tahu bahwa probiotik adalah bakteri baik yang dapat memberikan manfaat positif bagi organisme lainnya. Untuk kulit, probiotik cara kerjanya sama seperti di sistem pencernaan. Probiotik membantu menyeimbangkan kondisi kulit.

Peneliti dari Rumah Sakit di Iran menjelaskan tentang potensi probiotik sebagai mikroorganisme yang bisa mengatasi jerawat. Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa probiotik bisa memperkuat pertahanan alami kulit terhadap jerawat.

Manfaat skincare probiotik


Dalam acara virtual Laneige yang memperkenalkan kembali Water Sleeping Mask, Senin (18/1/2021), pakar kecantikan dr.Dina, M.Biomed(AAM) menjelaskan sejumlah manfaat probiotik pada kulit.

"Manfaatnya banyak banget. Dapat mengurangi inflamasi dan menenangkan kulit, memperkuat skin barrier. Probiotik yang dipakai secara topikal juga dapat membantu kelembapan kulit. Selain itu untuk mencerahkan, dan meminimalisir kerusakan kulit karena sinar matahari," jelas dr. Dina menjelaskan manfaat skincare probiotik.

(kik/kik)