10 Masker Wajah Bahan Alami Untuk Wajah Cerah Bebas Jerawat

Lukita Wardani - wolipop Kamis, 19 Nov 2020 18:13 WIB
Masker wajah bahan alami untuk wajah cerah bebas jerawat. Foto: Thinkstock Masker wajah bahan alami untuk wajah cerah bebas jerawat. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Tertarik mencoba masker wajah bahan alami untuk wajah cerah bebas jerawat? Masker wajah menjadi cara yang efektif dan sederhana untuk membuat wajah cerah dan bisa mengobati jerawat. Masker wajah bahan alami ini bisa mengatasi jerawat yang muncul akibat stres sesekali atau masalah jerawat kronis.

Selain itu, mengobati jerawat dengan masker juga bisa mengurangi peradangan dan membunuh bakteri tanpa merusak area lain di wajah yang mungkin tidak terpengaruh. Masker wajah alami pembasmi jerawat dapat membantu mencegah munculnya jerawat dan membantu menyeimbangkan produksi minyak.

Berikut 10 resep masker wajah bahan alami untuk wajah cerah bebas jerawat:

1. Masker Jerawat Kunyit

nasi kuning. indonesian yellow rice served with fried chicken on banana leafMasker wajah dari kunyit. Foto: iStock.

Masker wajah kunyit secara alami bersifat antiseptik, antibakteri, dan dapat meredakan kulit jerawat yang meradang. Kamu bisa siapkan bahan-bahan seperti:

  • Cuka sari apel organik
  • 1/2 sendok teh bubuk kunyit
  • 1 sendok makan madu mentah organik dan,
  • Susu

Cara membuatnya: Oleskan cuka ke kapas dan usapkan ke seluruh kulit. Tunggu sekitar lima menit sebelum mengaplikasikan masker. Kemudian Campur bubuk kunyit dengan madu. Gunakan tangan yang bersih untuk mengaplikasikan masker, hindari area mata. Biarkan masker selama 15 - 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Jika bubuk kunyit meninggalkan warna kekuningan pada kulit, gunakan kapas yang dibasahi susu untuk membersihkan area bernoda. Masker bisa digunakan dua kali seminggu.

2. Masker Wajah Alami dari Alpukat, Madu dan Lemon

Avocado on old wooden table in bowl. Halfs of avocados fresh fruits healthy food.Masker wajah dari alpukat. Foto: iStock.

Campuran masker wajah bahan alami dari tiga bahan ini bermanfaat untuk menyamarkan noda di wajah. Alpukat merangsang produksi kolagen yang membantu regenerasi sel. Alpukat juga mengandung lemak pelembab anti-inflamasi yang tidak akan menyumbat pori-pori. Sedangkan madu bersifat antibakteri dan jus lemon mencerahkan hiperpigmentasi.

Bahannya:

  • 1 buah alpukat matang
  • 1 sendok makan madu mentah
  • Setengah potong lemon

Cara membuatnya:

Hancurkan satu buah alpukat matang sampai halus, campur dengan 1 sendok makan madu dan peras setengah buah lemon. Aduk rata dan terapkan pada area wajah yang bermasalah. Jika kamu memiliki kulit sensitif, gunakan lebih sedikit lemon atau jangan gunakan sama sekali. Biarkan masker wajah selama 5-10 menit lalu bilas.

3. Masker Wajah Madu dan Baking Soda

Madu Clover Honey, Nutrisi hingga Manfaat SehatnyaMAsker wajah dari madu.Foto: Getty Images/iStockphoto/amriphoto.

Masker wajah bahan alami campuran madu, baking soda dan lemon ini bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Baking soda bersifat sebagai anti-inflamasi, jus lemon mengangkat sel kulit mati dan madu menenangkan kulit yang bermasalah.

Bahannya:

  • 1 sendok teh lemon
  • 1 sendok makan madu
  • 1 sendok teh soda kue

Cara membuatnya:

Campurkan jus lemon, madu, dan soda kue ke dalam mangkuk kecil. Aduk rata dan oleskan ke seluruh wajah dan leher. Hindari area di dekat mata kamu (jus lemon dan madu keduanya akan menyengat). Jangan mengubahnya menjadi scrub dengan mengoleskannya ke kulit. Setelah 15 menit, bersihkan masker wajah alami untuk jerawat ini dengan air hangat, lalu dengan air dingin.

Yang perlu kamu ingat, lemon juga dapat membuat kulit menjadi sensitif. Jadi setelah memakai masker wajah ini, bilas wajah kamu secara menyeluruh dan gunakan tabir surya zinc oxide spf 30+ jika kamu aka keluar rumah dan terpapar sinar matahari

4. Masker Wajah Bahan Alami dari Cuka Sari Apel dan Tanah Liat (Clay)

cuka sari apelMasker Wajah Bahan Alami dari Cuka Sari Apel dan Tanah Liat (Clay). Foto: Thinkstock.

Tanah liat atau clay saat ini banyak digunakan sebagai masker wajah bahan alami untuk wajah cerah bebas jerawat. Tanah liat dapat mengangkat kotoran yang sembunyi di pori-pori wajah. Sedangkan kandungan asam alami dalam cuka sari apel mengatasi jerawat dengan mengelupas sel kulit mati secara perlahan.

Bahannya:

  • 1 sendok makan tanah liat (clay untuk masker wajah)
  • 1 kapsul probiotik
  • 2 sendok makan cuka sari apel mentah

Cara membuatnya:

Campurkan tanah liat dan bubuk probiotik dalam mangkuk kecil. Tambahkan cuka sari apel untuk membuat pasta. Setelah tercampur rata dan menjadi pasta, dengan jari bersih oleskan masker wajah alami untuk jerawat tersebut ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin dan gunakan pelembab.

5. Masker Wajah Arang dan Lidah Buaya

tanaman lidah buayaMasker wajah dari lidah buaya. Foto: istimewa.

Arang menyerap minyak berlebih sementara lidah buaya bersifat menenangkan dan anti-inflamasi. Kedua bahan ini cocok menjadi masker wajah alami untuk mengatasi jerawat.

Bahannya:

  • 1 sendok makan arang aktif
  • 1 sendok makan gel lidah buaya
  • Ditambah 1 tetes tea tree oil

Cara membuatnya:

Campur bahan bersama-sama dalam mangkuk kecil dan gunakan jari kamu untuk mengaduk sebelum dioleskan ke kulit. Dengan gerakan memutar, oleskan campuran arang di sekitar wajah selama 1 menit lalu diamkan masker selama 10-15 menit. Bilas hingga bersih dengan air hangat.

6. Masker Wajah Alami dari Bawang Putih dan Susu

Teh jahe bawang putihMasker wajah dari bawang putih. Foto: iStock.

Bawang putih berfungsi mencegah pori-pori tersumbat, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi peradangan. Bawang putih bisa menyengat jika dioleskan langsung ke kulit jadi encerkan dengan air, minyak jojoba atau aloe vera terlebih dahulu. Jojoba melembabkan tanpa menyumbat pori-pori, sementara susu murni bisa mengangkat sel kulit mati dengan lembut.

Bahannya:

  • 1 siung bawang putih, haluskan dan cincang halus
  • 1 sendok teh minyak jojoba
  • 2 sendok makan susu murni (bisa juga menggunakan madu atau lidah buaya)

Cara membuatnya:

Campurkan bawang putih dan minyak jojoba dalam mangkuk kecil. Kemudian secara perlahan tambahkan susu (atau madu atau lidah buaya) sampai memiliki konsistensi yang lembut. Pakai masker wajah bahan alami untuk wajah cerah bebas jerawat ini selama 5-10 menit lalu kelupas kulit dengan lembut saat membilasnya dengan air hangat.

Next: Masker Wajah Bahan Alami dari Mentimun

Selanjutnya
Halaman
1 2