5 Cara Memakai Sunscreen yang Benar Menurut Dokter, Penting untuk Kamu Tahu!

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 23 Sep 2020 16:30 WIB
ilustrasi tabir surya Ilustrasi Penggunaan Sunscreen / Foto: iStock
Jakarta -

Sunscreen atau tabir surya adalah salah satu skincare yang wajib digunakan untuk mencegah berbagai risiko yang diakibatkan dari paparan sinar matahari. Namun sayang, tidak semua orang benar-benar memahami seberapa pentingnya sunscreen dan bagaimana cara memakai sunscreen yang benar.

Menurut dr. Arini Astasari Widodo Sp.KK dalam press conference Anessa Beauty Sunscreen via Zoom pada Rabu (23/9/20), sunscreen atau tabir surya sangat penting untuk digunakan setiap hari oleh semua kalangan dan di manapun mereka beraktivitas, baik di luar maupun di dalam ruangan. Tak hanya itu saja, penggunaan sunscreen atau tabir surya juga penting digunakan di seluruh kulit, termasuk tangan dan kaki.

"Tidak cuma di wajah, jadi jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen di tangan juga misalnya. Karena penuaan juga bisa terjadi di kulit tangan, kaki. Jadi seluruh daerah yang terekspose sinar matahari," jelas dokter Arini.

Menurut sang dokter, tidak hanya orang-orang yang sudah berumur atau memiliki flek pada kulit saja yang butuh menggunakan tabir surya. Melainkan para remaja pun penting untuk menggunakannya. Agar tidak salah, dokter Arini pun membagikan beberapa cara memakai sunscreen yang benar. Berikut ini cara-caranya.

1. Gunakan di Seluruh Kulit yang Terpapar Sinar Matahari

"Jangan lupa mengaplikasikan di seluruh kulit yang terpapar sinar matahari. Tangan juga bisa keriput-keriput, juga banyak pigmentasi. Kalau kita lihat kakek nenek, itu semua juga tangan-tangannya jadi jelek. Jadi jangan lupa tangan, kuping, kemudian atas kaki. Dan jangan lupa kalau misalnya ayah ibu atau kakek nenek ada yang rambutnya sudah menipis, itu sunscreen juga perlu diaplikasikan di atas kulit kepala," jelas dokter Arini.

Untuk mengaplikasikan sunscreen di kulit kepala, kamu bisa memilih produk sunscreen yang berbentuk spray. Itu akan memudahkan penggunaanmu.

2. Jumlahnya Harus Mencukupi

"Jumlahnya harus cukup, jangan di hemat-hemat. Jadi kira-kira jumlahnya harus 2 mg/cm persegi. Kalau kita pakai seluruh tubuh, itu kira-kira jumlahnya dua sendok makan," jelas sang dokter.

Sedangkan untuk pemakaian di wajah, dokter Arini merekomendasikan menggunakannya kira-kira sebesar koin. Karena jika menggunakannya terlalu sedikit justru hasilnya tidak akan efektif melindungi kulit kita.

3. Gunakan 15-30 Menit Sebelum Pergi ke Luar

ilustrasi tabir suryailustrasi memakai tabir surya Foto: iStock



4. Ulangi Setiap 2 Jam atau Setelah Berenang dan Berkeringat

Dokter Arini menyarakan untuk menggunakan sunscreen setiap dua jam sekali, dan ulangi kembali setelah berenang ataupun berkeringat. Dengan demikian, kulit akan lebih terlindungi dari risiko paparan sinar UVA dan UVB dari matahari.

"Jangan lupa ini yang lagi rajin olahraga, yang lagi rajin main sepeda, setelah keringetan langsung pakai lagi. Meskipun larinya baru 1 jam, belum sampai 2 jam, tetapi kalau sudah berkeringat harus pakai sunscreen lagi," jelas dokter Arini.

5. Ikuti Instruksi yang Ada di Produk Sunscreen yang Digunakan

"Kalau sunscreen bentuknya spray atau stick sama sunscreen yang bentuknya milk akan beda rekomendasi pemakaiannya," jelas dokter Arini.

Menurut sang dokter, agar sunscreen yang digunakan bisa efektif membantu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari, kamu perlu mengikuti instruksi pemakaian yang tertera di produk tersebut. Namun dirinya menyayangkan karena saat ini masih sedikit orang yang menyadari tentang pentingnya menggunakan sunscreen.

Demikianlah 5 cara memakai sunscreen yang benar dan perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat!

(vio/vio)