Ini Aturan Pakai Skincare di Masa Pandemi Biar Tidak Jerawatan

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 08 Sep 2020 14:45 WIB
ilustrasi jerawat Foto: shutterstock
Jakarta -

Maskne atau mask acne menjadi masalah kulit yang umum terjadi di masa pandemi ini. Penggunaan masker sepanjang hari telah terbukti bikin wajah jerawatan.

Jika kamu pikir, di masa pandemi ini justru lebih banyak menggunakan skincare, justru hal tersebut bisa memicu jerawat semakin banyak. Apa alasannya?

"Maskne yaitu kemerahan pada kulit wajah karena adanya pemakaian masker jangka panjang. Banyak faktornya dari kelembapan kulit kita, kebersihan masker yang tidak dijaga yang bisa menyumbat pori-pori. Untuk itu rutinitas skincare perlu diubah," ujar dr Renny Rosalita Dipl. A3M, pakar kecantikan di Miracle Clinic kepada Wolipop baru-baru ini.

Ada aturan dalam penggunaan skincare di masa pandemi ini. Skincare yang berlapis-lapis usahakan dihindari terlebih dahulu di masa pandemi Corona karena lebih banyaknya kita menggunakan masker. Menurut dr. Renny, untuk siang hari sebaiknya hanya gunakan moisturizer dan sunscreen.

Beauty concept of young asian woman.Beauty concept of young asian woman. Foto: iStock

"Biasanya pakai pelembap yang moisture, kalau pakai masker otomatis kelembapan kulit lebih tinggi, untuk itu pilih pelembap yang tidak terlalu moist. Konsistensinya lebih gel atau serum yang light. Tipikal pelembap tersebut konsistensinya air," jelas dr. Renny.

Cara pakai skincare pun tidak perlu dipulas terlalu intens. Hal ini untuk menghindari penyerapan skincare yang terlalu dalam.

"Penggunaannya ditepuk-tepuk saja. Ini untuk menjaga barier lapisan kulit teratas saja yang kita jaga. Jika kita olesnya terlalu kencang, maka penyerapannya semakin dalam yang sebenarnya tidak perlu saat penggunaan masker gini yang malah bisa menyebabkan masalah kulit," ungkap dr. Renny.

Begitu juga dengan produk-produk yang mengandung acid seperti lactid acid, hyaluronic acid, glycolic acid atau salicylic acid sebaiknya dikurangi. Jika ingin digunakan, sebaiknya dipakai di malam hari. Itupun tidak perlu setiap hari.

Tips perawatan kulit yang tak kalah penting di masa pandemi ini adalah kebersihan kulit wajah. Penggunaan double cleansing sangat perlu. Perawatan tersebut akan membersihkan pori-pori dari sisa sunscreen dan makeup yang menempel di wajah untuk menghindari munculnya jerawat.



Simak Video "Tips Bikin Konektor Masker Tanpa Mesin Jahit"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)