Tren Skincare untuk Pria, Ini alasannya Pria Juga Perlu Merawat Wajah

Lukita Wardani - wolipop Sabtu, 29 Agu 2020 13:35 WIB
Handsome man applying face cream in the bathroom. Ilustrasi skincare untuk pria. Foto: Getty Images/iStockphoto/nortonrsx
Jakarta -

Siapa bilang skincare hanya digunakan bagi wanita? Ternyata pria juga penting lho menggunakan skincare rutin. Seperti apa tren skincare untuk pria? Dan apa alasannya pria juga perlu merawat wajah?

Sebenarnya penuaan kulit pria lebih lambat dibandingkan wanita. Secara alami pria memiliki lebih banyak kolagen dan elastin yang membuat kulit lebih kencang dan tebal secara keseluruhan. Faktanya kulit pria lebih tebal 25 persen dari kulit wanita. Penelitian juga menunjukan bahwa kulit pria cenderung kurang asam pada skala pH dibandingkan wanita.

Terlepas dari kondisi kulit pria tersebut, tidak melakukan perawatan sejak dini dapat mempercepat efek penuaan karena kulit adalah jaringan hidup. Kulit juga rentan terhadap efek berbahaya dari polusi udara, kebiasaan makan juga pola hidup. Oleh karena itulah pria juga perlu merawat wajah dengan skincare.

Produk-produk perawatan kulit pria memiliki dampak yang nyata untuk melindungi kulit, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengandung bahan aktif, vitamin juga asam lemak yang dapat menyehatkan kulit. Selain itu skincare untuk pria juga dapat mengurangi munculnya kerutan, garis dan flek sehingga wajah tampak sehat.

Satu fakta terkait yang tidak boleh diabaikan adalah pria berusia di atas 50 tahun memiliki risiko tertinggi terkena melanoma sehingga penting menggunakan skincare seperti tabir surya lebih awal dan sering.

Young man checking his face in bathroom mirrorIlustrasi skincare untuk pria. Foto: Getty Images

Berikut perbedaan kulit pria dan wanita yang menjadi alasan pentingnya skincare untuk pria atau melakukan perawatan wajah:

1. Pada kulit pria kelenjar sebasea lebih aktif dan pori-pori lebih besar. Dua hal utama kulit wajah pria lebih rentan terhadap efek radikal bebas di udara dan kulit lebih berminyak.

2. Tanda penuaan datang lebih cepat kepada pria, jadi sebelum terlambat berilah nutrisi kepada kulit wajah kamu secara teratur karena membantu mengurangi munculnya penuaan.

3. Mencukur jenggot dengan rutin karena dapat mengurangi stress pada lapisan atas sel kulit, mengekspos kulit 'belum matang' yang lebih sensitif membutuhkan perawatan yang lebih jelas.

Sebagai langkah pertama dalam melakukan skincare untuk pria ialah membuat pilihan produk perawatan kulit wajah yang tepat. Perawatan kulit tidak harus rumit, tetapi kamu harus memilih produk yang tepat agar rutinitas kamu efektif. Seperti mencuci muka, kamu memerlukan produk yang dirancang khusus untuk pembersih wajah serta pelembab yang memberikan hidrasi untuk kesehatan kulit yang optimal.

Dua hal penting yang harus dilakukan pria dalam hal merawat wajah yaitu cleanse and moisturize atau biasa disebut dengan wash dan hydrate. Kamu perlu membersihkan kulit wajah sebaik mungkin dan memberinya nutrisi yang dibutuhkannya. Juga perlu memberi wajah kelembaban ekstra agar tidak mongering lakukan sekali atau dua kali dalam sehari itu sudah cukup. Mudah dicoba kan skincare untuk pria ini.



Simak Video "Hobi Naik Gunung, Debi Sagita Tetap Skincare-an saat Mendaki"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)