Viral di TikTok, Tren Pakai Produk Pemutih Berbahaya di Gigi

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 28 Agu 2020 19:00 WIB
examination and treatment of the teeth in the dental clinic Foto: thinkstock
Jakarta -

Tengah ramai di TikTok tren menggunakan produk pemutih berbahaya di gigi. Tren aneh dan membahayakan tersebut kini dikecam oleh dokter gigi.

Dalam video tersebut diperlihatkan bagaimana remaja menggunakan produk bleaching atau pemutih yang dicelupkan dengan cotton bud dan digosokkan ke gigi. Produk pemutih yang digunakan berbahaya karena mengandung hidrogen peroksida.

Kandungan hidrogen peroksida adalah bahan kimia yang umum terkandung di produk bleaching rambut dan pupuk. Adanya tren tersebut membuat dokter gigi resah karena sangat membahayakan.

"Ini sangat mengkhawatirkan karena orang mau mempertaruhkan kesehatan mereka demi kosmetik seperti ini," ujar Dr. Krystyna Wilczynski, ahli bedah gigi, seperti dikutip dari The Sun.

"Ini sangat tidak aman dan kami sebagai dokter gigi selama meyakinkan bahwa kami menyediakan perawatan yang aman, terdaftar dan terlisensi FDA untuk pasien," tambah Dr. Krystyna.

Kandungan hidrogen peroksida berbahaya bagi kesehatan gigi. Jika digunakan secara tidak tepat dapat mengiritasi gusi, gigi menjadi lebih sensitif. Skenario terburuk adalah bisa kehilangan gigi.

"Karena hidrogen peroksida adalah bahan kimia juga sangat berbahaya jika tertelan terlalu banyak," jelas Dr. Krystyna.



Simak Video "Gigi Hadid Unggah Foto Maternity dengan Gaun Transparan"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)