Survei: Gen Z Mulai Pakai Produk Anti Aging Sejak Usia 13 Tahun

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 21 Jan 2020 17:32 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Di era media sosial seperti sekarang, orang semakin peduli dengan kecantikan. Generasi muda bahkan sudah mulai melakukan perawatan wajah sejak remaja. Bukan hanya sekadar sabun cuci wajah dan pelembap, remaja belasan tahun bahkan sudah mulai menerapkan produk anti aging hingga menggunakan semua uang untuk kecantikan.

Hal tersebut terungkap dalam ZAP Beauty Index 2020 yang baru saja dilakukan. Klinik kecantikan kulit dan wajah tersebut melakukan survei terhadap tiga generasi mengenai rutinitas kecantikan mereka. Survei pun membeberkan fakta-fakta menarik, terutama tentang generasi termuda yang sudah sangat peduli kecantikan.


Disampaikan bahwa generasi X (45-65 tahum) adalah kelompok yang paling sedikit menghabiskan uang untuk kecantikan yakni kurang dari 5%. Sedangkan millennial (23-44 tahun) memakai 30% dari pendapatan mereka untuk masalah kulit. Yang cukup mengekutkan ternyata generasi Z (13-22 tahun) bisa menghabiskan semua uang mereka untuk perawatan.

"Millennial ternyata cuma menghabiskan 30% untuk kecantikan jadi lebih balance. Berdasarkan riset, yang lebih mampu justru willingness-nya lebih rendah," ungkap Yosanova Savitry selaku Principal Mark Plus Inc yang melakukan survei di Veranda Hotel, Jakarta Selatan, Selasa, (21/1/2020).

Survei online kepada 6,460 responden di 35 kota di Indonesia itu pun mengungkap produk kecantikan yang belakangan booming. Selain lipstik, sheet mask juga cukup difavoritkan termasuk untuk generasi Z. Bahkan mereka lebih sering memakai sheet mask dan coacealer dari pada sunblock. Apa alasannya?

"Gen Z sudah pakai anti aging di usia 13 tahun. Pemakaian concealer tiga kali juga lebih banyak dilakukan generasi Z dari pada Y. Biasanya untuk menutupi jerawat dan bekasnya. Penggunaan sheet mask juga lebih banyak dari sunscreen karena impact-nya langsung. Mereka mau impact," ungkap Yosanova.



Terkait kecantikan, dijelaskan bahwa generasi Z memikirkan masa depan tapi juga ingin yang instan. Karena itu, produk anti aging sudah mulai diterapkan. Dikatakan jika hal ini juga merupakan pengaruh dari rutinitas kecantikan Korea meski mereka tak menjalankan '10 step skincare'.

"Step-nya mungkin nggak 10 tapi pakai serum, sunscreen. Sekarang sheet mask pun lebih penting karena cepat kelihatan hasilnya," jelas Yosanova.

Simak Video "Hobi Naik Gunung, Debi Sagita Tetap Skincare-an saat Mendaki"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/kik)