Cara Merawat Kulit Wajah Biar Tidak Kering di Musim Hujan

Akfa Nasrulhak - wolipop Selasa, 14 Jan 2020 15:10 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Di tengah musim hujan seperti saat ini, kamu harus lebih ekstra dalam merawat kesehatan, tak terkecuali kesehatan kulit, terutama wajah yang juga perlu untuk diperhatikan. Pasalnya, musim hujan berpengaruh pada udara menjadi dingin yang membuat kulit wajah menjadi lebih kering dan tampak kusam.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan pada kondisi hujan yang terus menerus, tentu akan meningkatkan kelembapan udara yang tinggi dan memang membuat kulit akan menjadi kering.

"Sebenarnya pada kondisi udara yang dingin tubuh melalui mekanismenya untuk mengeluarkan sekresi kelenjar minyak tapi pada beberapa orang ini tidak terjadi karena sesuatu hal kelenjar minyaknya tidak berproduksi dengan baik. Kondisi ini bisa berujung pada masalah kulit dan rambut," jelas dr Muliaman kepada Wolipop baru-baru ini.


Ketika kulit kering, penampakannya bisa tampak kusam, kasar dan terkelupas, bahkan ketika kulit digaruk akan meninggalkan garisan putih.
Selain kulit yang kering, menurut dr Muliaman, pada musim hujan ini kondisi kulit yang berhubungan dengan kecantikan sebenarnya tidak berdampak langsung, tapi kelembapan kulit harus tetap dijaga untuk dapat menunjang penampilan secara keseluruhan.

Salah satu cara menjaga kulit, terutama wajar agar tidak kering adalah dengan membersihkan wajah menggunakan lotion pembersih yang bebas alkohol, toner atau susu pembersih wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami. Pembersih wajah yang mengandung bahan alami dapat menyegarkan kulit kering tanpa menyebabkan iritasi, dan menjaga keseimbangan kelembaban kulit wajah. Toner dan susu secara efektif menghilangkan kotoran dan make up setiap hari, mencerahkan, memperbaiki pori-pori dan membuat kulit menjadi bersih dan lembut.

"Kulit harus tetap dijaga baik secara lokal dengan pemberian body lotion dan juga pemberian nutrisi yang bagus. Karena kulit yang kering mengakibatkan kulit menjadi keriput," ujarnya.

Selain menjaga kulit dari luar, juga perlu menjaganya dari dalam seperti dengan rutin meminum air mineral 8 gelas per hari. Dengan begitu, sel-sel kulit akan terhidrasi dari dalam sehingga kelembapan alami kulit lebih terjaga.

Kemudian, tingkatkan asupan vitamin C dalam makanan. Ini membantu meningkatkan produksi kolagen tubuh, protein yang menjaga kulit agar tetap kencang dan melindunginya dari kerutan.


"Saat musim hujan untuk menjaga kondisi kulit, kalau mencegahnya agar tetap lembab dan tidak kering dengan cara merawat kulit dari luar dan yang di dalam bisa mengonsumsi kolagen dan vitamin C dan E serta antioksidan," ungkapnya.

Selain itu, konsumsi pula minuman yang dapat membantu kelembapan kulit dari dalam seperti Diva Beauty Drink. Diva Beauty Drink merupakan minuman kecantikan inovasi terbaru dari Kalbe dengan kandungan 1.000mg Kolagen Aktif, Super Antioksidan dari superfruit, dan Vitamin E.

Sudah teruji Klinis dapat meningkatkan kelembaban, kekencangan kulit, mengurangi kerutan, dan mencerahkan kulit. Perubahan pertama dapat dirasakan dalam 14 hari dan akan mendapatkan hasil optimal jika diminum 2 botol setiap hari secara rutin dan jangka panjang.

Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/eny)