Ingin Coba Bisnis Startup Kosmetik? Perhatikan 4 Hal Ini

Intan Kemala Sari - wolipop Senin, 01 Agu 2016 10:25 WIB
Foto: Dok. Lizzie Parra
Jakarta - Berbisnis kosmetik berbasis online tampak menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Terlebih lagi banyak para wanita Indonesia yang kini sudah mulai 'melek' tentang dunia kecantikan terutama dalam dunia kosmetik. Jika Anda termasuk salah satunya yang tertarik untuk berbisnis kosmetik lokal dalam skala kecil, berikut empat hal yang bisa menjadi perhatian sebelum mulai menggeluti dunia bisnis kosmetik :

1. Punya Minat Besar di Dunia Kecantikan
Dinar Amanda selaku Chief Marketing Officer Rollover Reaction menekankan untuk pentingnya memiliki passion yang besar di dunia kecantikan. Jika memang suka dengan dunia kecantikan, tidak ada salahnya ulik lebih dalam segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia kecantikan. Setidaknya hal itulah yang dilakukannya selama hampir dua tahun sebelum benar-benar mantap berbisnis kosmetik.

2. Riset dan Cari Peluang
Sebelum terjun ke dalam dunia bisnis sesungguhnya, lakukan riset terlebih dahulu untuk mencari tahu apakah ada pasar yang dituju serta peluang yang terbuka. "Yang penting sebelum buka usaha kita harus cari tahu ada nggak marketnya, riset dulu. Terkadang orang terlalu idealis dan latah, mereka belum lakukan riset dan nggak tahu produknya mau dijual ke siapa," kata Tinanda Nabila selaku Managing Director kosmetik Rollover Reaction saat berbincang dengan Wolipop di Nusa Kopi, Lamandau, Jakarta Selatan, Rabu (20/7/2016).

3. Tahu Apa yang Ingin Dijual
Hal lain harus diperhatikan adalah mengenal brand dan produk yang ingin dijual dengan baik. Tiara Adikusumah, Vice President Brand & Product Development Polka menuturkan, jika tidak memiliki pengetahuan dasar tentang brand, bagaimana bisa brand tersebut dipromosikan ke semua orang.

"Ketika kita tahu apa yang mau diberitahu ke orang lain tentang brand yang kita punya, orang akan lebih mengerti. Dan aku perhatikan kadang orang asal jual produk saja tanpa menjiwai, sedangkan kami membuat kosmetik ini dengan sepenuh hati. Nah semangat itulah yang harus dibagikan," ujarnya saat berbincang dengan Wolipop di The Promenade, Jakarta Selatan, Senin (25/7/2016).

4. Pantang Menyerah
Ditambahkan oleh co-founders Esqa, Cindy dan Kezia, dalam berbisnis haruslah memiliki sifat tekun dan pantang menyerah. Karena merintis sebuah bisnis startup tidaklah seindah yang dilihat.

"Banyak perjuangan yang dileawti dan tentunya akan timbul banyak masalah. Tetapi, entrepreneur yang baik haruslah selalu menjadi pemecah masalah yang andal. Jadi jangan menyerah dan harus tetap percaya diri saat menghadapi problem," tulisnya saat diwawancara Wolipop melalui e-mail, Senin (25/7/2016).

(itn/itn)