ADVERTISEMENT

40 Ucapan Turut Berduka Cita Islam Penuh Doa untuk Teman dan Keluarga

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 26 Feb 2022 06:00 WIB
Muslim female doctor wearing headscarf, gown uniform and face mask to protect virus, standing and praying for hope on isolated white background. Medical, Science and Religion Concept Ucapan turut berduka cita Islam. Foto: Getty Images/iStockphoto/Pornpimon Rodchua
Jakarta -

Sulit untuk mengetahui cara terbaik mengungkapkan belasungkawa kepada seseorang yang sedang berduka. Tapi, ucapan turut berduka cita Islam di bawah ini bisa menjadi referensi.

Menulis ucapan turut berduka cita sering kali merupakan pengalaman yang emosional dan menakutkan. Sebagai umat muslim, memberikan penghormatan penuh perhatian dengan ucapan turut berduka cita Islam adalah salah satu hal penting.

Lewat kontak dan memberikan ucapan turut berduka cita dengan setulus hati menunjukkan bahwa kamu peduli, menghibur serta memberikan dukungan untuk mereka karena kehilangan seseorang. Tidak ada ucapan berduka cita yang sempurna, karena tidak ada yang bisa kamu katakan yang akan membuat kesedihan hilang.

Namun, ucapan turut berduka cita Islam yang sederhana ini akan membuat mereka yang berduka tahu bahwa kamu peduli. Kamu pun perlu menemukan cara Islami untuk mengungkapkan belasungkawa dan mengirim pesan simpati.

Berikut ini ucapan turut berduka cita Islam dan ide kata-kata bagi kamu untuk mengirim belasungkawamu:

Ucapan Turut Berduka Cita Islam untuk Teman

1. Aku berdoa cinta Allah menyelimutimu selama masa-masa sulit kamu dan Allah membantu kamu menyembuhkan dengan berlalunya waktu.

2. Aku ingin menyampaikan belasungkawa atas kematian ibumu. Aku berdoa agar jiwanya beristirahat dalam damai dan agar kamu mendapatkan kembali kekuatanmu.

3. Kuharap aku bisa mengatakan sesuatu untuk membantu meringankan rasa sakitmu. Semoga Yang Maha Kuasa memberikan kesabaran dan kemudahan untuk melalui masa sulit ini

4. Semoga Allah (SWT) memberinya puncak tertinggi Jannah dan mengampuni dosa-dosanya. Aku turut berduka cita dan doa tulusku untuk kamu.

5. Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun. Semoga Allah memberikan Jannatul Firdaus dan mengampuni dosa-dosanya.

6. Semoga Allah, Rahmanir Rahim memperluas kuburnya dan meneranginya dengan berkah-Nya. Dia adalah orang yang baik. Allah akan menempatkannya di Jannatul Firdaus.

7. Kullu Nafsin Zaa'ikatul Maut, Allahu akbar, turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Kita semua milik Allah. Allah telah mengambil apa yang dimilikinya. Jangan sedih.

8. Selalu Allah yang menjagamu dan DIA yang mengambilnya. Kamu tidak dapat menentang takdir yang telah Dia siapkan untukmu. Berharap yang terbaik.

9. Semoga Allah SWT memperluas kuburnya dan memberinya kedamaian abadi. Allah selalu menyayangi orang-orang yang beriman kepadanya.

10. Jangan sedih. Allah berfirman setiap orang pasti mati suatu hari nanti. Berdoalah untuk kedamaian abadi bagi jiwa yang telah meninggal. Semoga Allah (SWT) memberinya Jannat-ul-Firdaus.

11. Nasibmu disegel ketika kamu lahir di bumi. Mengapa kehilangan harapan? Allah ada untukmu. Coba ingat Allah dalam situasi buruk ini, Dia akan selalu mengingatmu.

12. Inna Lillahi Wa Inna Ilayhi Raji'un. Kamu berhak untuk menangis sekeras-kerasnya tapi jangan pernah lupa untuk berdoa kepada ALLAH agar ayahmu yang tercinta tetap di Jannah. Aku berharap doa kita akan membantunya dalam istirahat abadinya.

13. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga Allah memberikan ibumu Jannah dan membebaskannya dari siksaan kubur. Tetap kuat, doakan dia, dan miliki keyakinan ilahi Anda kepada Allah.

14. Bersabarlah dan buatlah doa untuk arwah yang telah meninggal. Semoga Allah SWT menerangi kuburnya.

15. Aku sangat menyesal atas kehilangan yang menimpamu. Semoga Allah menyelamatkannya dari siksa kubur dan mengurangi segala dosanya. Semoga Allah memberinya Jannat-ul-Firdaus, Amiin.

Ucapan Turut Berduka Cita Islam untuk Keluarga

16. Semoga Allah memberikan mereka perjalanan yang mudah dan menyenangkan serta melimpahkan berkah di atas kubur mereka.

17. Beliau adalah sosok yang baik. Semoga Allah mengampuni semua dosanya dan menerangi kuburnya, dan menjadikannya bagian dari Jannat-ul-Firdaus. Ingatlah untuk berdoa untuknya setiap saat. Saya mengirim doa, tetap kuat.

18. Saya berharap ada sesuatu yang bisa saya katakan untuk meringankan rasa sakit Anda. Semoga Yang Maha Kuasa memberikan kesabaran dan kemudahan untuk melewati cobaan ini.

19. Simpati terdalam saya untuk keluarga. Hari ini kesedihan Anda telah menyentuh kita semua. Mari kita berbagi rasa sakit bersama

20. Anda telah menjadi keluarga saya. Kesedihan hari ini sama besarnya dengan seperti milik saya. Semoga Allah memberinya kedamaian abadi.

21. Jangan pernah ingin mencari apa yang tidak dapat Anda lihat. Kehilangan iman kepada Allah bukanlah solusi saat ini. Aku tahu ini akan sulit bagimu. Tapi Allah akan membantumu.

22. Sekarang bukan waktunya bagi Anda untuk menangis. Anda telah kehilangan apa yang Anda sayangi. Tapi sekarang Anda harus berdoa kepada Allah SWT untuk menjaga kekasih Anda di Jannah. Semoga Allah memberinya kedamaian abadi.

23. Setiap makhluk hidup di bumi akan merasakan kematian. Saat kamu kehilangan orang yang kamu sayangi hari ini, orang yang kamu sayangi juga akan kehilangan kamu suatu hari nanti. Semoga arwah yang meninggal beristirahat dalam damai di Jannah!

24. Allah akan memberinya status tinggi di antara semua orang di sekitar orang yang Anda sayangi. Jangan khawatir. Dia akan menjaga orang-orang yang dia tinggalkan di dunia ini. Jika Dia telah mengutus Anda, Dia akan menghakimi Anda dengan benar.

25. Jannatul Mauwa benar-benar surga terindah. Semoga Allah memberinya surga ini. Dia tidak bisa menempatkan penilaian yang salah. Berdoalah untuk kedamaian abadinya.

26. Sekarang dia berada dalam istirahat abadi. Berdoalah agar Yang Mahakuasa menjadikan kuburnya sebagai bagian dari Jannah. Allah akan menjaganya di dalam rahmat dan cahaya-Nya di kuburnya sampai Qiyamah.

27. Jika Anda meminta bantuan dari Allah, Dia tidak akan mengecewakan Anda. Selalu berusaha mengingatnya di saat-saat sulit. Dia akan membantu Anda dengan satu atau lain cara.

28. Saya tidak bisa memikirkan apa pun yang akan menenangkan Anda. Tapi saya tahu Allah ada di sini untukmu. Allah juga ada di sini untuk orang-orang tersayang Anda. Biarlah Allah Yang Mahakuasa merawat jiwa yang telah meninggal dan selalu mendoakan orang yang kamu sayangi yang hilang.

29. Semoga Allah SWT mengampuni segala dosanya dan memberikan Jannatul Maowa. Beliau tidak pernah kehilangan harapan kepada Allah dalam hidupnya. Anda juga tidak boleh kehilangan harapan kepada Allah.

30. Semoga Rahmanir Rahim memberi Anda kesabaran di masa sulit ini dan memberi Anda kekuatan untuk menanggung kesedihan ini. Saya tidak bisa memikirkan sesuatu yang menenangkan saat ini. Tapi saya berdoa untuk Anda.

Ucapan Turut Berduka Cita Islam dalam Bahasa Inggris

31. Innalillahiwainnailaihirojiun. Surely we belong to Allah and to Him shall we return. (Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada Allahlah kami kembali)

32. May the Almighty grant you sabar in this tough time and helps you to bear the loss. I pray to Allah to forgive the sins of your father and make the grave comfortable for him. (Semoga Yang Maha Kuasa memberi kamu kesabaran di masa sulit ini dan membantu kamu menghilangkan kesedihan. Aku berdoa kepada Allah untuk mengampuni dosa-dosanya dan membuat kuburan nyaman baginya.)


33. Everybody has to die sooner or later. Pray for his eternal peace. May Allah(SWT) grant him Jannat-ul-Firdaus.(Semua orang pasti meninggal cepat atau lambat. Berdoalah untuk kedamaian abadinya. Semoga Allah (SWT) memberinya Jannat-ul-Firdaus)

34. As the almighty Allah has already said, every living being will experience the taste of death. I hope He will give you the fortitude to bear this great loss of yours. (Seperti yang telah difirmankan Allah SWT, setiap makhluk hidup akan mengalami rasa kematian. Aku harap Dia akan memberi kamu ketabahan untuk menanggung kehilangan besar ini)

35. Our destiny is decided and sealed when we came on this earth, and we all will return to the ground one day. May Allah (SWT) forgive your father's sin and grant him a place in Jannah Tul Firdous. (Nasib kita ditentukan dan dimeteraikan ketika kita datang ke bumi ini, dan kita semua akan kembali ke tanah suatu hari nanti. Semoga Allah (SWT) mengampuni dosa ayahmu dan memberinya tempat di Jannah Tul Firdous)

36. May Allah grant him wonderful and blessed companions in the grave. May He give you patience. Ameen. (Semoga Allah memberinya teman yang luar biasa dan diberkati di alam kubur. Semoga Dia memberi kamj kesabaran. Amin)

37. He takes, and He gives. My prayer is always with you and your dear one whom you lost. May Allah bless you in this tough time and grant his/her Jannah. (Dia mengambil, dan Dia memberi. Doaku selalu bersamamu dan orang tersayangmu yang meninggal. Semoga Allah memberkati kamu di masa sulit ini dan memberikan dia Jannah)

38. Everyone must accept fate. Keep her/him in your prayer always so that Allah removes all her sin and make the grave comfortable for her/him. Ameen. (Setiap orang harus menerima takdir. Jagalah dia selalu dalam doamu agar Allah menghapus segala dosanya dan menjadikan kubur nyaman baginya. Amin)

39. Crying out loud is not going to bring back the dear one you lost. Rather wish for the eternal place for her/him. I am also praying to the almighty for forgiving all her sins and place a light on her/his grave. (Menangis dengan keras tidak akan mengembalikan orang yang kamu sayangi. Melainkan menginginkan tempat abadi untuknya. Aku juga berdoa kepada yang maha kuasa untuk mengampuni semua dosanya dan menempatkan cahaya di kuburnya)

40. May Allah enhance your recompense on this loss. Be generous on this calamity of yours. May Allah forgive all the sins he/she committed and place him among all the lucky ones to follow the prophet in Jannah. (Semoga Allah meningkatkan pembalasanmu atas kehilangan ini. Bersikaplah murah hati atas bencana ini. Semoga Allah mengampuni semua dosa yang dia lakukan dan menempatkannya di antara semua orang yang beruntung mengikuti nabi di Jannah)

Itulah kumpulan ucapan turut berduka cita Islam yang bisa menjadi referensi. Ucapan turut berduka cita Islam ini juga bisa kamu kirimkan untuk teman hingga keluarga yang sedang berduka.



Simak Video "Brad Pitt Bantah Lakukan KDRT ke Angelina Jolie di Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)