Liputan Khusus Hijabers Peraih Medali

Mengenal Shintia Eka, Atlet Gulat Berhijab Peraih Medali Emas PON Papua

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 18 Okt 2021 06:00 WIB
Foto Shintia saat mendapatkan medali emas. Foto: Dok. pribadi Shintia Eka Arfenda. Foto Shintia saat mendapatkan medali emas. Foto: Dok. pribadi Shintia Eka Arfenda.
Malang -

Kejutan manis diberikan oleh atlet berhijab asal Malang, Jawa Timur, Shintia Eka Arfenda. Ia menyumbangkan medali emas dalam cabang olahraga (cabor) gulat kelas 50 kg putri di PON XX PAPUA 2021.

Tak banyak yang tahu kalau di Indonesia ada atlet gulat yang berhijab. Shintia membuktikan bahwa hijab bukanlah halangan untuk meraih apapun, termasuk menjadi atlet gulat. Yuk kenalan dengan Shintia, atlet gulat berhijab yang berprestasi.

Sosok Shintia Eka Arfenda, Atlet Gulat Peraih Medali Emas PON Papua

Shintia saat ini bukan hanya menjalani hari-harinya sebagai atlet. Dia juga tengah kuliah S-2 di Universitas Negeri Malang, jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Shintia Eka Arfenda, atlet berhijab cabor gulat yang meraih medali emas.Shintia Eka Arfenda, atlet berhijab cabor gulat yang meraih medali emas. Foto: Dok. pribadi Shintia Eka Arfenda.

Wanita 25 tahun itu menuturkan awal mula tertarik pada dunia olahraga gulat saat duduk di bangku SMP. Ia masih ingat sahabatnya lah yang pertama kali mengajaknya untuk mengikuti olahraga gulat pada 2011.

"Saya tertarik gulat mulai SMP kelas 3 kira-kira tahun 2011. Awalnya saya didaftarkan teman sekelas saya buat ekskul gulat. Lama kelamaan saya ikuti saya malah ketagihan dan akhirnya keterusan hingga sekarang," ucapnya sambil tertawa.

Ketika mencoba olahraga gulat tersebut Shintia sempat merasa takut, karena tubuhnya dibanting-banting. Namun setelah mengetahui teknik yang benar dari pelatih, akhirnya ia mengerti dan tidak takut lagi. Dia pun menekuni gulat dengan serius hingga akhirnya melakukan pertandingan pertamanya.

"Pertama kali bertanding kira-kira satu bulan setelah saya mengikuti cabor gulat ini yaitu pada event Porprov Jatim. Dan perasaan saya takut sekali ya tapi sangat antusias," ujar Shintia.

Lalu apa saja suka dan dukanya dalam menggeluti cabor ini? Klik halaman selanjutnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2