Intimate Interview

Soraya Larasati Putuskan Berhijab Setelah Kesulitan Jalani Persalinan

Alissa Safiera - wolipop Jumat, 14 Agu 2015 14:34 WIB
Foto: Michael Cools/Wolipop Foto: Michael Cools/Wolipop

Jakarta - Ada sebab, ada akibat. Bagi aktris Soraya Larasati perjalanannya untuk berhijab didasari dengan tanda-tanda yang membuatnya semakin yakin untuk memilih jalan itu.

Soraya Larasati bisa dibilang tidak lagi eksis di layar kaca. Alasannya, bukan lagi eksistensi yang ia cari di dunia melainkan demi prioritasnya saat ini, yaitu anak. Perjuangannya dalam melahirkan anak pertamanya itu pun tak mudah yang membuat ia tak mau melewatkan waktu dengan meninggalkan sang buah hati.

Cerita aktris yang akrab disapa Laras itu pula yang membawanya menjadi sosok yang diyakininya lebih religius dan lebih baik saat ini. Aktris sinetron yang eksis sekitar tahun 2009 dan 2011 itu mengalami kesulitan saat proses persalinan anak pertama di tahun 2014, Dafa Danendra Amaldi.

Aktris 29 tahun itu melewati proses induksi hampir 30 jam atau satu harian lebih. Dikarenakan jantung bayi yang melemah, akhirnya tindakan caesar diambil hingga akhirnya sang ibu dan bayi selamat dan sehat. Kendala dalam persalinan ini tak hanya lewat sepintas bagi Laras dan suaminya, Doni Amaldi melainkan dijadikan bahan perenungan.

"Suamiku tipe orang yang kalau ada apa-apa selalu dipikirin banget, 'Pasti ada yang salah nih, atau ada yang keluar dari koridor' karena dia cukup kuatlah agamanya. Dan ketika dia lagi salat Jumat dan dengar ceramah tentang mengajak orang terdekat berhijab, dia bilang: 'Kenapa nggak kamu saja yang jemput hidayah?'" ungkap aktris yang kini disibukkan bisnis olahraga itu kepada Wolipop, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Diakui Laras, awalnya ia ragu namun tak keberatan mencoba karena permintaan sang suami. Namun pelan-pelan, ia mulai belajar mencintai hijab dan merasa dipertemukan dengan orang-orang yang membantunya menjadi sosok yang lebih baik lagi lewat majelis pengajian. Laras pun tak menampik jika penampilan barunya tersebut, nyatanya juga memengaruhi karier pesinetron itu.

"Memang pekerjaan entertainment berkurang karena urus anak juga. Tapi aku yakin kalau memang rezeki pasti milik aku. Nggak apa-apa aku tinggalkan karier aku nggak masalah, karena kalau anak aku dibentuk dari sekarang sama orangtuanya, semoga dia akan tumbuh menjadi sosok yang lebih baik juga. Banyak artis yang mengukur kesuksesan dari berapa program dan penghargaan yang dia dapat, tapi banyak tawaran belum tentu dia bahagia," ujar wanita lulusan Universitas Pelita Harapan ini.

Dengan hijab di kepalanya, Laras mengaku gayanya saat ini lebih kasual. Ia juga mulai memilih-milih apa yang akan dikenakannya; yang juga dibantu dengan kicauan para penggemar di media sosial yang tak jarang memberinya kritik dalam urusan berbusana.

"Fashion hijab aku kasual saja, kebanyakan pakai celana. Agak edgy aja sih, nggak ketat, bisa berlapis-lapis juga jadi pas banget buat yang berhijab. Hijabnya juga yang instan saja," tambahnya lagi.

(als/als)