ADVERTISEMENT

Suara Bella Hadid Viral di TikTok, Dikritik karena Memicu Gangguan Makan

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 20 Okt 2022 08:00 WIB
Bella Hadid Foto: Instagram
Jakarta -

Suara Bella Hadid yang viral di TikTok belakangan mengundang kritik. Sekilas mungkin kedengarannya tidak ada yang salah dengan potongan suara Bella ketika mengenalkan dirinya itu. Tapi sebagian netizen berpendapat tren tersebut problematis karena bisa memicu gangguan makan, terutama mereka yang memang sedang mengalaminya.

Potongan suara Bella Hadid yang berbunyi 'So... my name... my name is Bella Hadid' wara-wiri jadi tren TikTok. Suara tersebut bahkan sudah digunakan di lebih dari 40 ribu video. Banyak orang memakainya untuk membuat candaan mengenai ciri khas para model, seperti dipuji karena kecantikan mereka hingga membatasi porsi makan.

@ripanna

@aidansmaidann

Sejumlah video dengan suara sang supermodel yang viral umumnya mengangkat tema 'kelaparan'. Dalam berbagai postingan, TikToker seolah menunjukkan bahwa ketika mereka tidak makan banyak, mereka merasa bagai model seperti Bella Hadid, misalnya ketika tidak sarapan, hanya mengunyah permen karet dan minum air seharian, merasa lebih kurus setelah muntah, hingga menahan makan berminggu-minggu.

@_ezzmo

Mengapa tren tersebut jadi masalah? Hal-hal yang dijadikan candaan dan disebut sebagai perilaku model merupakan problema nyata untuk banyak orang dengan gangguan makan. Video-video seperti itu juga disebut bisa menormalisasi kebiasan makan yang kurang sehat. Seorang TikToker mengatakan jika tren Bella Hadid yang lewat di FYP-nya cukup memicu gangguan makan yang dialaminya.

@victoriaparis

Dalam kolom komentar, netizen lain juga sependapat. Mereka yang benar-benar mengalami gangguan makan merasa tidak nyaman. Sedangkan yang lain terinspirasi untuk melakukan hal-hal kurang sehat seperti yang digambarkan dalam postingan-postingan tersebut. "Beberapa orang tidak sadar ini adalah gangguan makan," tulis netizen.

Kolumnis Tricia Crimmins yang menyoroti masalah ini setuju jika tren ini cukup problematis. Ia pun berpendapat Bella Hadid sendiri belum tentu setuju jika suaranya menjadi bagian dari tren yang bisa membahayakan. Apalagi Bella sendiri juga sempat mengalami gangguan makan dan dismorfia tubuh ketika remaja.

"Meskipun video ini jelas dibuat untuk bercanda, mereka bisa memicu orang-orang yang rentan dengan gangguan makan, misalnya orang-orang yang sedang memulihkan diri dari gangguan makan. TikTok juga bisa berbahaya secara umum karena menormalisasi kebiasaan makan tidak sehat," kata Tricia dilansir Daily Dot.

(ami/ami)
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya