ADVERTISEMENT

6 Manfaat Chia Seed untuk Diet Sehat, Yuk Dicoba Biar Langsing

Arina Yulistara - wolipop Senin, 29 Agu 2022 09:00 WIB
Manfaat Chia Seed untuk Diet. Foto: Dok. iStock Manfaat Chia Seed untuk Diet. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Sudah mengetahui manfaat chia seed untuk diet? Rupanya selain menambah cita rasa makanan atau minumanmu, terdapat ragam manfaat chia seed untuk diet sehat.

Dilansir dari Everyday Health, sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada 2015 di Nutrision Hospitalaria, Brazil, menemukan bahwa mengonsumsi 35 gram (sekitar 3 sendok makan) chia seed setiap hari selama 12 minggu bisa membantu menurunkan berat badan.

Meski demikian, ini hanya penelitian kecil yang melibatkan 26 pria dan wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menyebutkan manfaat chia seed untuk diet berat badan.

Akan tetapi, manfaat chia seed untuk diet sehat bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Mari pahami mengenai manfaat chia seed untuk diet sehari-hari:

Minum Air Chia Seed Bisa Cepat Turunkan Berat Badan? Begini FaktanyaManfaat Chia Seed untuk Diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/Lena_Zajchikova

1. Tinggi Serat

Manfaat chia seed untuk diet membantu mencegah rasa lapar. Tara Collingwood, RDN, yang berbasis di Orlando, Florida, mengatakan bahwa manfaat chia seed untuk diet dapat mengendalikanmu agar tidak makan berlebihan.

"Chia seed mengandung serat tinggi yang bisa membantu meningkatkan rasa kenyang. Intinya, chia seed bisa mencegah rasa lapar karena membutuhkan waktu lama untuk dicerna," ujar Tara.

2. Sumber Protein dan Lemak Baik

Manfaat chia seed untuk menurunkan berat badan juga memiliki sumber protein dan lemak baik. Hal ini tentu bisa membantumu lebih cepat kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Menurut U.S. Department of Agriculture (USDA), 1 sdm chia sheed untuk diet mengandung protein 4,7 gram, 10 gram serat, dan 9 gram lemak baik.

3. Meningkatkan Produksi Leptin

Mengutip Stlye Craze, leptin adalah hormon penghambat rasa lapar yang diproduksi oleh sel-sel lemak (jaringan adiposa). Para ilmuwan telah menemukan bahwa semakin banyak protein yang dikonsumsi, semakin banyak produksi leptin.

Manfaat chia seed untuk diet salah satunya mengandung sumber protein yang baik dan juga membantu merangsang leptin. Pada gilirannya akan membantu menekan nafsu makan, mencegah makan berlebihan, dan mempertahankan komposisi tubuh yang sehat.

4. Kaya akan antioksidan dan omega-3

Chia seed kaya akan antioksidan dan omega-3. Antioksidan membantu membuang racun, menurunkan stres, dan peradangan dalam tubuh. Mereka bertindak dengan mengais radikal oksigen bebas yang berbahaya penyebab mutasi DNA, yang menimbulkan sintesis protein berbahaya atau tidak berfungsi.

Apalagi manfaat chia seed untuk diet sehat? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2