5 Manfaat Chia Seed untuk Diet: Cegah Rasa Lapar

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 09 Des 2021 08:30 WIB
Manfaat chia seed untuk diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/Lena_Zajchikova Manfaat chia seed untuk diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/Lena_Zajchikova
Jakarta -

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang mendapatkan manfaat chia seed untuk diet. Beberapa orang bahkan mengatakan manfaat chia seed untuk diet bisa membantu menurunkan berat badan.

Benarkah chia seed bisa membantu menurunkan berat badan? Tergantung kamu mengonsumsinya. Manfaat chia seed untuk diet tak akan dirasakan jika berencana menurunkan berat badan hanya dengan mengandalkan biji-bijian tersebut.

Berbeda jika chia seed hanya menjadi pendukung diet utamamu maka akan merasakan manfaat chia seed untuk diet. Chia seed merupakan biji-bijian kaya karbohidrat dari tanaman non-rumput.

Mengutip Healthline, chia seed juga disebut sebagai makanan pokok dari suku Aztec dan Maya yang kemudian dilarang karena agama. Selama beberapa tahun terakhir, penggunaan chia seed dalam minuman semakin populer.

Minum Air Chia Seed Bisa Cepat Turunkan Berat Badan? Begini FaktanyaChia seed. Foto: Getty Images/iStockphoto/Lena_Zajchikova

Manfaat chia seed untuk diet tampaknya dirasakan oleh sebagian orang. Berdasarkan teori, manfaat chia seed untuk diet bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

2 sendok makan (sdm) chia seed mengandung 10 gram serat. Itu berarti sekitar 40% dari asupan harian yang direkomendasikan. Diet tinggi serat sering dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Menurut penelitian 2015, makan 30 gram serat setiap hari dapat membantumu menurunkan berat badan sebanyak jika kamu mengikuti diet yang lebih rumit. Namun penelitian tidak mendukungnya.

Ada beberapa penelitian pada manusia tentang manfaat chia seed untuk diet dan penurunan berat badan. Sebuah studi pada 2009 meninjau manfaat chia seed untuk diet pada penurunan berat badan dan faktor risiko penyakit.

Dalam penelitian ini, 90 orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas mengonsumsi plasebo atau 25 gram chia seed yang dicampur dengan air sebelum makan pertama dan terakhir pada hari yang sama. Hasilnya tidak menunjukkan dampak pada massa tubuh, komposisi tubuh, atau mengatasi faktor risiko penyakit tertentu.

Chia seed juga relatif tinggi kalori dan lemak. Ketika digunakan dalam jumlah sedang, chia seed memang dapat membantumu merasa lebih puas dan cenderung tidak makan terlalu banyak. Namun, jika makan terlalu banyak sepanjang hari, bukannya mendapat manfaat chia seed untuk diet melainkan menambah berat badan.

Jadi bagaimana dengan manfaat chia seed untuk diet? Berikut manfaat chia seed untuk diet jika hanya digunakan sebagai pendukung makanan utama saat mejalani program penurunan berat badan:

Minum Air Chia Seed Bisa Cepat Turunkan Berat Badan? Begini FaktanyaManfaat chia seed untuk diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/Lena_Zajchikova

1. Cegah Rasa Lapar

Salah satu manfaat chia seed untuk diet tentu bisa mencegah rasa lapar. Tara Collingwood, RDN, yang berbasis di Orlando, Florida, mengatakan bahwa manfaat chia sheed untuk diet bisa membantu mencegah rasa lapar.

Ketika kamu sedang menjalani program diet menurunkan berat badan kemudian mengonsumsi chia seed maka bisa membantumu tidak lapar mata saat melihat camilan. Banyak wanita mendapatkan manfaat chia sheed untuk diet dengan meminumnya sebelum makan berat.

2. Kenyang Lebih Lama

Ketika kamu mengonsumsi chia sheed sesuai porsinya maka bisa mendapatkan salah satu manfaat chia sheed untuk diet, yakni tidak makan berat secara berlebihan. Ini karena manfaat chia sheed untuk diet yang mengandung tinggi serat.

"Chia seed mengandung serat tinggi yang bisa membantu meningkatkan rasa kenyang. Intinya, chia sheed bisa mencegah rasa lapar karena membutuhkan waktu lama untuk dicerna," ujar Tara seperti dikutip dari Everyday Health.

Di samping itu, chia seed juga memiliki sumber protein dan lemak baik. Hal ini tentu bisa membantu kamu lebih cepat kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Manfaat chia seed untuk diet bisa melancarkan pencernaan, KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2